KEEFEKTIFAN TEKNIK K-W-L DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII MTS ASH-SHIDDIQIYYAH KALIWADAS

Nursholehah Azzahro, (2023) KEEFEKTIFAN TEKNIK K-W-L DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII MTS ASH-SHIDDIQIYYAH KALIWADAS. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110003_1_cover.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110003_2_bab1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110003_6_bab5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110003_7_dafpus.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlandaskan pada permasalahan yang terdapat di MTs Ash�Shiddiqiyyah, yakni rendahnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Hal tersebut berpengaruh pada nilai hasil belajar siswa yang belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan pengamatan, salah satunya disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan belum bervariatif. Sehingga dapat dirumuskan tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses pembelajaran membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dengan menggunakan teknik K-W-L; dan (2) untuk mengetaui keefektifan teknik K-W-L dalam pembelajaran membaca pemahaman teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII MTs Ash-Shiddiqiyyah. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ash-Shiddiqiyyah dengan sampel kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII D sebagai kelas eksperimen menggunakan teknik cluster random sampling atau penyampelan secara sembarang. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas ahli dan uji korelasi product moment. Instrumen juga menggunakan uji reliabilitas KR-20 dan 21. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dan Uji N-Gain Skor dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan Lavene Test. Hasil uji-t pada data kelas eksperimen sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan nilai yang signifikan karena nilai sig. 2-tailed <0,05. Hasil uji-t kelas kontrol sebesar 0,614. Hasil tersebut menunjukkan nilai yang tidak signifikan. Berdasarkan hasil uji-t kelas eksperimen yang signifikan, maka dilakukan uji N-Gain Skor. Hasil uji N-Gain memperoleh rata-rata nilai 67%. Maka, teknik K-W-L yang digunakan termasuk kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwasannya teknik K-W-L dalam pembelajaran membaca pemahaman teks laporan hasil observasi kelas VII MTs Ash-Shiddiqiyyah efektif digunakan. Oleh karena itu, penggunaan teknik K�W-L direkomendasikan untuk menjadi referensi yang dapat digunakan oleh guru guna meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:23
Last Modified: 31 Aug 2023 07:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item