KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS PROSEDUR KARYA SISWA KELAS VII MTs DARU’L HIKAM KOTA CIREBON DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN

Cheysa Luthfiah, (2023) KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS PROSEDUR KARYA SISWA KELAS VII MTs DARU’L HIKAM KOTA CIREBON DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110013_1_cover.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110013_2_bab1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110013_6_bab5.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110013_7_dafpus.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa bidang ejaan, morfologi, sintaksis, dan pemanfaatannya sebagai instrumen penilaian pembelajaran dalam teks prosedur karya siswa kelas VII MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa teks prosedural siswa kelas VII MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon. Instrumen penelitian menggunakan tes yang dimuat pada kartu data. Teknik analisis data menggunakan metode agih, teknik tes, simak (SBLC), dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa pada bidang ejaan yang terdapat pada teks prosedur karya siswa kelas VII MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital mendapatkan 80 kesalahan, kesalahan penulisan kata memperoleh 9 kesalahan, kesalahan penulisan tidak baku ada 2 kesalahan, dan kesalahan penggunaan tanda baca terdapat 5 pembagian klasifikasi kesalahan (penggunaan tanda baca titik 26 kesalahan, tanda baca koma, 6 kesalahan, tanda baca petik 3 kesalahan, tanda baca titik dua 2 kesalahan, dan tanda baca hubung 1 kesalahan) dengan jumlah keseluruhannya 38. Kesalahan berbahasa bidang morfologi yang terdapat pada teks prosedural karya siswa kelas VII MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon meliputi pertama, kessalahan penggunaan afiksasi, yaitu prefiks memperoleh 5 kesalahan, dan sufiks terdapat 4 kesalahan. Kedua, kesalahan reduplikasi terdapat 2 kesalahan. Dan ketiga, kesalahan preposisi 7 kesalahan. Kesalahan berbahasa bidang sintaksis yang terdapat pada teks prosedur karya siswa kelas VII MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon meliputi kesalahan pengulangan makna yang sama secara berlebihan (mubazir) 11 kesalahan, kesalahan penggunaan diksi tidak tepat memperoleh 21 kesalahan, kesalahan penggunaan tidak baku dalam kalimat sebanyak 7 kesalahan, kesalahan pengulangan unsur konjungsi dalam kalimat terdapat 7 kesalahan, kesalahan penghilangan konjungsi 3 kesalahan, kesalahan ketidakjelasan dalam kalimat 2 kesalahan, dan kesalahan penempatan hanya 1 kesalahan. Adapun untuk pemanfaataan instrumen penilaian pembelajaran menggunakan KD 4.6 menyajikan rangkaian bentuk teks prosedural dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis. Instrumen penilaian pembelajaran yang digunakan berupa soal pilihan ganda (PG) dengan jumlah 30 soal dan diperoleh dari hasil analisis karya siswa mengenai kesalahan berbahasa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:26
Last Modified: 31 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item