MAKNA KONOTASI DAN DENOTASI PADA CERPEN HUJAN BULAN SEPTEMBER KARYA MIANA HATMAWATI ISTIQOMAH DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Muhammad Wahdan Nuh, (2023) MAKNA KONOTASI DAN DENOTASI PADA CERPEN HUJAN BULAN SEPTEMBER KARYA MIANA HATMAWATI ISTIQOMAH DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110038_1_cover.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110038_2_bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110038_6_bab5.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110038_7_dafpus.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan apresiasi sastra siswa menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap suatu karya sastra. Banyaknya penggunaan majas, atau ungkapan pada karya sastra menjadikan siswa sulit memahami sastra tersebut, terlebih untuk menikmati dan mengapresiasi sastra. Atas dasar itu, analisis konotasi dan denotasi pada cerpen ini dilakukan agar memudahkan para siswa memahami suatu kata atau kalimat yang mengandung makna kias atau makna konotasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk makna konotatif dan denotatif yang digunakan dalam cerpen Hujan Bulan September karya Miana Hatmawati Istiqomah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika. Data dalam penelitian ini ialah bentuk satuan lingual dalam cerpen Hujan Bulan September. Sumber data dalam penelitian ini ialah cerpen Hujan Bulan September karya Miana Hatmawati Istiqomah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik simak dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan, teknik dasar yang digunakan ialah pilah unsur penentu dengan teknik lanjutan yang digunakan hubung banding memperbedakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen Hujan Bulan September karya Miana Hatmawati Istiqomah, ditemukan tiga macam makna konotasi, yaitu (1) konotasi positif terdiri dari 17 data, (2) konotasi negatif terdiri dari 18 data, dan (3) konotasi netral terdiri dari 8 data. Untuk data dari makna denotasi terdapat 43 data. Data dari makna denotasi tersebut termasuk bagian dari keseluruhan makna konotasi yang dianalisis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:11
Last Modified: 01 Sep 2023 06:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11840

Actions (login required)

View Item View Item