Strategi Manajemen Sekolah Inklusi Dalam Mewujudkan Pendidikan Multikultural Di SD IT Insan Rabbani Majalengka

Majdina Ghaisani Iflya, (2020) Strategi Manajemen Sekolah Inklusi Dalam Mewujudkan Pendidikan Multikultural Di SD IT Insan Rabbani Majalengka. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAPUS.pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Majdina Ghaisani Iflya: Strategi Manajemen Sekolah Inklusi dalam Mewujudkan Pendidikan Multikultural di SD IT Insan Rabbani Majalengka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pendidikan multikultural yang terdapat dalam sekolah inklusi. SD IT Insan Rabbani Majalengka adalah sekolah swasta yang sudah menerapkan manajemen sekolah inklusi didalamnya. Menurut beberapa guru di sekolah tersebut, penanaman adab sangat diutamakan, sehingga siswa bekerja sama dengan baik saat belajar di kelas yang disatukan dengan anak berkebutuhan khusus. Peneliti bermaksud untuk mengetahui lebih jauh mengenai nilai-nilai multikultural lainnya dan bagaimana cara penerapannya di sekolah tersebut. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui mengenai bagaimana sekolah tersebut menjalankan manajemen sekolah inklusi yang berbeda dengan sekolah regular pada umunya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD IT Insan Rabbani Majalengka. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik dengan cara mengumpulkan semua data dari observasi di lapangan, wawancara, dokumen resmi/tidak resmi, dan foto/gambar hasil penelitian. Data tersebut kemudian ditranskip, dipelajari, ditelaah, dianalisa dan disimpulkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terdiri dari nilai toleransi, nilai demokrasi/kebebasan, nilai kesetaraan dan nilai keadilan. (2) Strategi sekolah dalam mewujudkan pendidikan multikultural dilakukan dengan menggunakan fungsi manajemen pada umumnya, karena belum terdapat pola manajemen khusus untuk pendidikan inklusi di sekolah tersebut. Fungsi manajemen tersebut diantaranya adalah: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan/pelaksanaan dan pengendalian/pengawasan. (3) Faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan inklusi di SD IT Insan Rabbani Majalengka masing-masing terdapat dari faktor internal dan eksternal. Kata kunci: Strategi Sekolah, Pendidikan Multikultural, Manajemen Sekolah Inklusi .

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:11
Last Modified: 26 Feb 2024 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12117

Actions (login required)

View Item View Item