Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Huda Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) K.H. Abdurrahman Mahmud Kabupaten Cirebon

Siti Qoriah, (2020) Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Huda Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) K.H. Abdurrahman Mahmud Kabupaten Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAPUS.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Siti Qoriah NIM: 18086010013 Jurusan: Manajemen Pendidikan Islam Judul: Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) KH Abdurrahman Mahmud Kabupaten Cirebon. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hasil Pembelajaran Berbasis Lingkungan di MI Nurul Huda dan di SDIT KH Abdurrohman Mahmud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan Deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah / Kepala Madrasah, Pendidik, Wali Kelas, Siswa dan Pedagang. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Lingkungan di MI Nurul Huda dan di SDIT KH Abdurrohman Mahmud setidaknya memiliki lima karakteristik: apa program kerjanya, apa tujuan dan manfaat programnya, biaya, waktu dan siapa penanggung jawab dan atau pelaksananya. Implementasi / pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis lingkungan di MI Nurul Huda dan SDIT KH Abdurrahman Mahmud awalnya berjalan cukup baik. Ini dikarenakan antusias dari berbagai kalangan mendukung program ini. Dalam hal ini, penulis / peneliti memetakan tahap evaluasi ini dengan dua faktor. Faktor tersebut adalah faktor pendukung dan faktor penghambat / faktor kendala. a) Faktor pendukung Program ini di dukung oleh berbagai kalangan di lingkungan sekolah. pihak kesehatan dalam hal ini puskesmas juga mendukung penuh program ini dengan unit kesehatan lingkungannya. b) Faktor Penghambat Tak ada gading yang tak retak. Ada sebagian siswa / pedagang yang sedikit membandel atau mengacuhkan program ini. Tata ruang sekolah juga bisa menjadi penghambat. Salah satunya dengan tidak menyediakan tempat khusus untuk kantin. Sehingga ini bisa menyulitkan dalan mengontrol para pedagang dan kedisiplinan siswa dalam mematuhi program ini. Hasil manajemen pembelajaran berbasis lingkungan ini berbeda di dua sekolah tersebut. Di MI Nurul Huda dengan berbagai keunggulan / keuntungan letak geografisnya, mampu mengurangi volume sampah hingga 80% volume sampah sebelumnya. Dari volume sampah 16 ember cat 25 kg menjadi hanya 4 ember cat 25 kg. Sedangkan di SDIT KH Abdurrahman Mahmud dengan sedikit kekurangannya di tata ruang lingkungan sekolah yang para penjualnya tidak ada di dalam lingkungan sekolah, hanya mampu mengurangi volume sampah hanya sekitar 60% volume sampah sebelumnya yang tadinya 14 ember menjadi 6 ember. Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Lingkungan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:19
Last Modified: 27 Feb 2024 01:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12123

Actions (login required)

View Item View Item