Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Negeri 5 Cirebon

Roudhatul Jannah, (2020) Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Negeri 5 Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Roudhatul Jannah NIM: 18086010002 Jurusan: Managemen Pendidikan Islam Judul: Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Negeri 5 Cirebon. Penelitian ini Bertujuan untuk : (1) Mengetahui langkah-langkah strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 5 Cirebon. (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 5 Cirebon, dan (3) Mengetahui bagaimana solusi pengembangan kompetensi profesional guru yang disarankan ke depan untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 5 Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Pendidik, Wali Kelas, Siswa dan Tenaga Kependidikan di MTs Negeri 5 Cirebon.Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi kepala madrasah MTs Negeri 5 cirebon dalam upaya pengembangan kompetensi professional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 5 Cirebon, yaitu: Pertama, Memotivasi guru untuk berkreasi dan berinovasi; Kedua, Meningkatkan profesionalisme guru dengan mengirim mereka ke seminar-seminar atau workshop-workshop; Ketiga, Menerapkan kedisiplinan guru, karyawan, dan siswa (stakeholder); Keempat, Melakukan atau melaksanakan supervise yang berkelanjutan; Kelima, Meningkatkan kualitas peserta didik dengan mengikutkan melibatkan peserta didik untuk mengikuti perlombaan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler; Keenam, Mengembangkan budaya akhlak yang baik (akhlakul karimah) pada segenap warga madrasah (stake holder) melalui keteladanan; Ketujuh, Peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang memadai bagi pembelajaran. Kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam upaya pengembangan kompetensi professional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 5 Cirebon, yaitu: Pertama, para guru kurang kompak dalam melaksanakan kegiatan atau program; Kedua, perbedaan potensi dan background keluarga yang ada dalam diri siswa tersebut dapat menjadi hambatan bagi pengembangan aspek-aspek anak didik itu sendiri, yang pada akhirnya merupakan hambatan bagi pengembangan mutu pendidikan agama Islam, ketiga, kurangnya kesadaran orangtua atau wali peserta didik dalam memotivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Strategi kepala madrasah, Pengembangan potensi guru, Mutu Pendidikan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:31
Last Modified: 26 Feb 2024 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item View Item