Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK PONPES Manba'ul Ulum Cirebon)

Faiqoh, (2020) Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK PONPES Manba'ul Ulum Cirebon). Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Faiqoh, 2020. Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum,). Tesis, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam, Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati. Pembimbing, Dr. H. Ahmad Asmuni, MA dan Dr. H. Farihin, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pemasaran Pendidikan, Pencitraan Lembaga Pendidikan Islam Fenomena menarik terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama saat penerimaan peserta didik baru. Masyarakat seakan sudah mengerti sekolah yang layak untuk menyekolahkan putra/putrinya, bagi mereka kriteria sekolah yang memiliki citra yang baik adalah sekolah yang berhasil memuaskan para pengguna jasa pendidikan (user). Penelitian dilakukan di SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum mengingat lembaga ini memiliki karakter yang unggul dan memiliki citra yang positif di mata masyarakat Fokus Penelitian ini adalah; 1). Bagaimana layanan jasa pendidikan dalam peningkatan citra, 2). Bagaimana strategi pemasaran dalam peningkatan citra, dan 3). Bagaimana keberhasilan strategi pemasaran dalam peningkatan citra di SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan desain multikasus. Proses pengumpulan data digunakan metode: 1). observasi, 2). wawancara mendalam, dan 3). dokumentasi. Analisis data digunakan model Miles & Huberman, data yang terkumpul dan sudah dicek keabsahannya dianalisis dengan cara: 1), Reduksi data. 2). Penyajian data. dan 3). Penarikan kesimpulan. Pengecekan data digunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1). Layanan jasa pendidikan di SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum memprioritaskan pada upaya terpenuhinya harapan dan kepuasan pelanggan, hal ini diindikasikan dari 3 hal; a). Kepuasan layanan mutu akademik. b). Kepuasan/kesesuaian standarisasi guru dan staff sekolah. c). Kepuasan/kesesuaian mutu lulusan (output). (2). Strategi Pemasaran dalam meningkatkan citra dilakukan beberapa strategi yaitu; a). strategi langsung. b). Strategi tidak langsung. c). Strategi differensiasi d) Strategi pembiayaan. Namun demikian stategi yang efektif di SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum adalah dengan menunjukkan bukti kualitas lulusan (output) dan membangun citra kepuasan layanan melalui berita dari mulut ke mulut (word of mouth) (3). Keberhasilan strategi pemasaran dalam meningkatkan citra di SMK Ponpes Manba’ul ‘Ulum adalah sebagai berikut; a). Tingginya loyalitas pelanggan pengguna jasa pendidikan (public understanding). b). Kepercayaan masyarakat semakin kuat (public confidence), c). Adanya dukungan masyarakat (public support), d). Terjalinnya kerjasama antara sekolah dan orang tua siswa (public corporation).

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:54
Last Modified: 13 Mar 2024 02:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item