Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah /Madrasah (MBS/MI) dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di MA Kapetakan Kabupaten Cirebon

Haniah, (2020) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah /Madrasah (MBS/MI) dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di MA Kapetakan Kabupaten Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Haniah: Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah/ Madrasah (MBS/M) Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di MA Kapetakan Kabupaten Cirebon Implementasi manajeman berbasis madrasah merupakan konsep yang menawarkan otonomi pada madrasah untuk menentukan kebijakan madrasah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi dan pemerataan pendidikan agar dapat mengakomodasi keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerjasama yang erat antara madrasah, masyarakat dan pemerintah. Melalui MBM, Madrasah Aliyah Kapetakan mengalami peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik, hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih. Penelitian ini berangkat dari undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanal. Didalam isu penting undang-undang tersebut adalah pelibatan masyarakat dalam pengembangan sektor pendidikan. Masyarakar berhak untuk berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi program pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan implementasi MBM, mengetahui pelaksanaan implementasi MBM, dan mengetahui faktor penunjang dan penghambat implementasi MBM pada Madrasah Aliyah Kapetakan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian untuk memecahkan masalah-masalah yang aktual. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menyalin. Analisis data dilakukan melalui unitisasi data, katagorisasi data, dan penafsiran data. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, kecukupan referensi, analisis kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci, audit kebergantungan dan audit kepastian. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan implementasi MBM pada Madarasah Aliyah Kapetakan menggunakan analisis SWOT sebagai evaluasi diri dalam melihat kondisi nyata madrasah. Pelaksanaan implementasi MBM pada Madarasah Aliyah Kapetakan terdiri dari aspek kesiapan sumber daya, aspek tingkat kemampuan madrasah, dan aspek pedoman pelaksanaan MBM. Evaluasi implementasi MBM terdiri dari evaluasi teknik edukatif, evaluasi bidang ketenagaan, dan evaluasi bidang keuangan. Dengan adanya implementasi MBM, Madrasah Aliyah Kapetakan selalu meraih prestasi disetiap tahunnya, hal ini merupakan andil dari implementasi MBM pada Madarasah Aliyah Kapetakan. Implementasi MBM pada Madarasah Aliyah Kapetakan tidak terlepas dari faktor penghambat dan faktor pendukung yang berpengaruh terhadap implementasi MBM pada Madrasah Aliyah Kapetakan. Kata Kunci :Implementasi, manajemen berbasis madrasah, mutu

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:55
Last Modified: 13 Mar 2024 01:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item View Item