Manajemen Pendidikan Islam Terpadu Dalam Membentuk Siswa Berakhlak Mulia (Studi Kasus Di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu)

Ahmad Baedowi, (2020) Manajemen Pendidikan Islam Terpadu Dalam Membentuk Siswa Berakhlak Mulia (Studi Kasus Di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu). Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAPUS.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Baedowi. Manajemen Pendidikan Islam Terpadu Dalam Membentuk Siswa Berakhlak Mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu. Penanaman pendidikan akhlak di sekolah Islam diyakini hal yang penting dalam penanaman pribadi yang paripurna. MI PUI Sindang Kabupaten Indramayuadalah salah satu sekolah Islam terpadu yang menerapkan pendidikan akhlak, dan menjalankannya sesuai dengan fungsi manajemen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana manajemen pendidikan Islam terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen pendidikan Islam terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research yang bertempat di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayusebagai kancah studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan metode penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan langkah-langkah: reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, manajemen pendidikan Islam terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu terdiri dari beberapa point, yaitu: perumusan visi misi, kurikulum terpadu, pembelajaran terpadu, guru yang berkualitas, pendekatan terpadu dan budaya sekolah. Keenam point tersebut telah mampu membentuk siswa berakhlak mulia (berkarakter), dan keenam point tersebut telah dijalankan sesuai fungsi manajemen (planning, organizing, actuating, controlling, evaluation). Adapun faktor pendukung dalam manajemen pendidikan Islam terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di MI PUI Sindang Kabupaten Indramayu adalah: 1) Peran aktif orang tua, 2) sarana dan fasilitas sekolah yang memadai, 3) guru berkualitas, 4) adanya buku komunikasi, 5) adanya guru pendamping. Sedangkan faktor penghambatnya, adalah: 1) minimnya komunikasi orang tua dan guru, 2) minimnya sarana (karena rusak/sedang digunakan, 3) Sebagian peserta didik mengalami kecapean, kejenuhan karena full day school, 4) Sebagian guru juga merasakan keletihan dan kecapean, karena berbagai macam aktivitas. Kata Kunci: Manajemen, Islam terpadu, akhlak mulia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:38
Last Modified: 23 Feb 2024 02:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12137

Actions (login required)

View Item View Item