Manajemen Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 1 Susukan

Kamadi, (2022) Manajemen Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 1 Susukan. Other thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Abstrak Kamadi: Manajemen Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMAN 1 Susukan Peran komunikasi yang dilakukan kepala sekolah sangat penting, karena posisi strategis kepala sekolah dalam mempengaruhi, menggerakkan guru dalam meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan proses kegiatan pembelajaran. Komunikasi interpersonal bertujuan untuk menyampaikan segala sesuatu mengenai ide, gagasan, kepada komunikan. Keberhasilan pendidikan juga dipengaruhi oleh kemampuan kepala sekolah dalam mengelola sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen komunikasi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Peranan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam menjaga dan membina para guru dalam meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini menggunakan deskriptik kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta dewan guru. hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) manajemen komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di awali dengan membentuk manajemen sekolah yang disebut dengan pamong. 2) komunikasi interpersonal yang terbentuk antara kepala sekolah dengan staf atau guru didasarkan pada kesetaraan, empati, keterbukaan dan kekeluargaan. 3) kepala sekolah menganggap guru sebagai mitra kerja bukan sebagai bawahan, sehingga menimbulkan rasa percaya diri guru dalam menjalankan tupoksinya masing-masing. Keberhasilan kepala sekolah dalam mempengaruhi, menggerakkan, serta meningkatkan kinerja para guru terlihat dari ketercapaian kinerja guru sebesar 88.1% hal ini menunjukan bahwa kinerja guru sangat baik. Kata kunci: komunikasi interpersonal, kepala sekolah, kinerja guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:44
Last Modified: 20 Feb 2024 06:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12164

Actions (login required)

View Item View Item