Korelasi Antara Fasilitas dan Lingkungan Pembelajaran Dengan Capaian Pembelajaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet

Muhamad Mujadid, (2021) Korelasi Antara Fasilitas dan Lingkungan Pembelajaran Dengan Capaian Pembelajaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

MUHAMAD MUJADID, NIM: 14166110019: “Korelasi antara Fasilitas dan Lingkungan Pembelajaran dengan Capaian Pembelajaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren Cirebon” Capaian pembelajaran merupakan hasil yang diperoleh mahasiswa dalam menyelesaikan pengalaman pendidikan di perguruan tinggi. Tinggi rendahnya capaian pembelajaran memiliki keterkaitan dengan keterlibatan mahasiswa di lingkungan pembelajaran dan ketersediaan fasilitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan mendeskripsikan korelasi antara fasilitas pembelajaran dengan capaian pembelajaran mahasiswa; (2) menganalisis dan mendeskripsikan korelasi antara lingkungan pembelajaran pendidikan dengan capaian pembelajaran mahasiswa; (3) menganalisis dan mendeskripsikan korelasi antara fasilitas dan lingkungan pembelajaran secara bersamaan dengan capaian pembelajaran mahasiswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang termasuk dalam jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga sampai tujuh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren Cirebon sebanyak 100 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 41 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment Pearson dan uji korelasi ganda yang didahului dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada korelasi yang positif dan signifikan antara fasilitas pembelajaran dan capaian pembelajaran, dengan nilai pearson correlation sebesar 0,430 yang termasuk pada tingkat korelasi sedang (2) ada korelasi yang positif dan signifikan antara lingkungan pembelajaran dan capaian pembelajaran, dengan nilai pearson correlation sebesar 0,780 yang berarti memiliki tingkat korelasi yang kuat (3) ada korelasi yang positif dan signifikan antara fasilitas dan lingkungan pembelajaran secara simultan dengan capaian pembelajaran, dengan nilai koefisien korelasi 0,785 Hal ini menunjukkan derajat korelasi yang kuat. Temuan ini berarti bahwa semakin baik fasilitas dan lingkungan pembelajaran maka semakin baik pula capaian pembelajaran. Kata Kunci: Fasilitas Pembelajaran, Lingkungan Pembelajaran, Capaian Pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:06
Last Modified: 21 Feb 2024 08:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12166

Actions (login required)

View Item View Item