Isyraq Fauziyyah, (2021) Pengaruh Penerapan Metode Demonstasi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Secara Tartil Siswa SMA Islam Al Azhar 5 Kota Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang Pengaruh Penerapan Metode demonstrasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur`an Secara Tartil Siswa SMA Islam Al-Azhar 5 Kota Cirebon Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.penelitian ini menggunakan ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi keserasian, keselarasan dan eseimbangan antara: a) Hubungan manusia dengan Allah SWT b) Hubungan manusia dengan sesama manusia c) Hubungan manusia dengan dirinya sendiri d) Hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya. Adapun ruang lingkup bahan pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi lima unsur pokok, yaitu: a) al-Qur’an b) Aqidah c) Syari’ah d) Akhlak e) Tarikh. Dalam penelitian ini penulis akan mefokuskan pada pembelajaran pendidikan al-Qur’an dengan menggunakan metode demonstrasi. Hal tersebut mempunyai tujuan bahwa dengan diterapkannya metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan al-Qur’an dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an. Tanggapan responden tentang penggunaan metode demontrasi pada mata pelajaran Pendidikan Al-Qur`an sudah cukup. Adapun hubungan antara penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan cara membaca Al-Qur`an secara tartil di SMAI AL-Azhar 5 Kota Cirebon terdapat korelasi sedang. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0,696 yang berada pada rentang 0,40-0,70. Besaran pengaruh metode demontsrasi terhadap tartil 48,44% sedangkan sisanya 51,56 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Metode Demontrasi ternyata secara signifikan meningkatkan ketartilan karena “r” product moment berada pada taraf signifikansi 95 % adalah 0,374 dan pada taraf signifikansi 99 % adalah 0,478 . Karena robservasi “ro” lebih besar dari “rtabel” “rt” ,baik pada taraf signifikansi 95 % (0,69> 0,374) ataupun (0,69> 0,478), maka Ha yang menyatakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Metode Demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an secara tartil di SMAI Al-Azhar 5 Kota Cirebon diterima. Sdangkan Ho yang menyatakan bahwa tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara Metode Demontrasi dalam meningkatkan cara membaca Al-Qur`an secara tartil di SMAI Al-Azhar 5 Kota Cirebon ditolak. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, dan Tartil Al-Qur`an
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 01:28 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |