Mirza Sabiha, (2021) Manajemen Kinerja Guru dalam Meningkatkan Keunggulan Sekolah di SMK Bina Insan Mulia Kabupaten Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAPUS.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mirza Sabiha. Manajemen Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Keunggulan Sekolah di SMK Bina Insan Mulia Kabupaten Cirebon. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan belajar mengajar. Penanganan yang tepat untuk memperbaiki kondisi kerja dan kinerja guru sebagai pelaksana praktis pendidikan dan pengajaran di sekolah adalah asumsi positif yang dapat ditawarkan untuk menghadapi persoalan tersebut antara lain melalui upaya penataan manajemen sekolah secara profesional untuk mewujudkan tujuan organisasi yang mampu menjawab tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan masa depan. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam mewujudkan tercapainya keunggulan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keunggulan pada sekolah-sekolah yang dikategorikan unggul, dan meneliti bagaimana mereka mencapai keunggulan tersebut dengan melihat penerapan manajemen kinerja guru dalam mengajar siswa dengan mecapai sasaran dalam memberikan materi terhadap siswa. Diantaranya sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan profil manajemen kinerja guru di SMK Bina Insan Mulia. 2) Untuk menemukan kinerja guru dalam mengajar di SMK Bina Insan Mulia. 3) Untuk menemukan penerapan manajemen sekolah dan kinerja guru dalam meningkatkan keunggulan sekolah di SMK Bina Insan Mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan analisis data dilakukan reduksi data untuk penyajian data dan pengungkit data dengan menarik kesimpulan dari uraian tersebut. Hasil penelitian dijabarkan dalam tiga aspek. Pertama, Penerapan manajemen yaitu menganalisa desain manajemen berbasis kinerja yakni dengan menyusun desain perencanaan pembelajaran yang disusun dan dirumuskan sebagai harapan kinerja kemudian dengan adanya pembinaan guru serta adanya evaluasi penilaian kinerja. Kedua, Strategi peningkatan kinerja guru melalui rapat satu minggu sekali untuk menggunakan peluang dan merumuskan kelemahan kemudian melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menambah wawasan dan keilmuan sesuai kebutuhan guru untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif. Ketiga, Prestasi yang diperoleh peserta didik dalam manajemen kinerja guru dalam meningkatkan keunggulan sekolah dengan mewujudkan peserta didik meraih prestasi menjadi anak yang sangat bertanggung jawab, memiliki prestasi meraih prestasi unggul dalam bidang kedisiplinan. Kata Kunci: Manajemen, Kinerja Guru, Keunggulan Sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 01:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 08:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12211 |
Actions (login required)
View Item |