Manajemen Segregasi Gender dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MA Darunnajat Bumiayu Kabupaten Brebes

Dede maspupah, (2021) Manajemen Segregasi Gender dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MA Darunnajat Bumiayu Kabupaten Brebes. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Abstrak DEDE MASPUPAH, NIM: 1416611001: “Manajemen Segregasi Gender Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MA Darunnajat Bumiayu Kabupaten Brebes” MA Darunnajat merupakan madrasah yang berada dalam naungan yayasan pendidikan yang seluruhnya menerapkan pemisahan peserta didik berdasarkan jenis kelamin. Hal ini berbeda dengan yayasan yang menaungi MA Al Hikmah 1 dan 2, dimana ada beberapa jenjang pendidikan seperti perguruan tinggi yang tidak menerapkan segregasi gender di dalamnya. MA Darunajat berlokasi dalam satu kawasan pondok pesantren modern juga membedakan dengan MA Al Hikmah 1 dan 2, dimana kedua madrasah tersebut berada dalam kawasan pesantren dengan perpaduan sistem klasik dan modern. Permasalahan dalam penelitian ini : (1) Bagaimana Pelaksanaan Segregasi Gender Peserta didik dalam pembelajaran di MA Darunnajat (2) (Bagaimana Implikasi Segregasi Gender Peserta didik dalam pembelajaran di MA Darunnajat (3) Bagaimana Upaya Peningkatan Mutu Melalui Pelaksanaan Segregasi Gender Peserta didik dalam pembelajaran di MA Darunnajat? Penelitian ini bertujuan : (1) Menjelaskan pelaksanaan Segregasi Gender Peserta didik dalam pembelajaran di MA Darunnajat (2) Mendeskripsikan Implikasi Segregasi Gender Peserta didik dalam pembelajaran di MA Darunnajat (3) Merumuskan Upaya Peningkatan Mutu Melalui Pelaksanaan Segregasi Gender Peserta didik dalam pembelajaran di MA Darunnajat Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti : perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lainnya, secara holistik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi,dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Segregasi Gender Peserta didik dalam pembelajaran di MA Darunnajat Bumiayu Kabupaten Brebes sudah terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dari beberapa fakta berikut. Pertama, proses pembelajaran terlaksana efektif, terbuka dan efesien. Kedua, meningkatnya penghargaan terhadap lawan jenis. Ketiga, Berkurangnya bully gender. Keempat, Meningkatnya minat masyarakat terhadap sekolah tersebut. Kelima, Meningkatnya akhlak terpuji siswa. Guru-guru di sekolah tersebut sudah diberikan pemahaman tentang keadaan ataupun kondisi kelas yang ada. Siswa pun juga sudah mulai nyaman terhadap kondisi kelas yang dari awal di bangun sudah di tetapkan sedemikian rupa karena sesuai dengan daerah lingkungan pondok Pesantren, Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Segregasi Gender, Peserta Didik

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:50
Last Modified: 20 Feb 2024 06:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item