STRATEGI BISNIS BANCASSURANCE DENGAN “BUSINESS MODEL CANVAS” PADA ASURANSI JIWA SYARIAH DI PT. AXA MANDIRI AREA CIREBON

Diana Agustina, (2020) STRATEGI BISNIS BANCASSURANCE DENGAN “BUSINESS MODEL CANVAS” PADA ASURANSI JIWA SYARIAH DI PT. AXA MANDIRI AREA CIREBON. Masters thesis, S-2 Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Diana Agustina. NIM. 18086050037 : Strategi Bisnis Bancassurance Dengan “Business Model Canvas” Pada Asuransi Jiwa Syariah Di PT. AXA Mandiri Area Cirebon Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam dan juga tingkat kesadaran beragama yang terus meningkat, membuat prospek asuransi syari‘ah di Indonesia semakin menjanjikan. Namun jika dilihat dari tingkat penetrasi asuransi syariah masih sebesar 0,113%, menunjukan bahwa tingkat keikutsertaan masyarakat terhadap asuransi syariah masih sangat rendah. Untuk meningkatkan pangsa pasar, berbagai strategi digunakan oleh perusahaan asuransi. Salah satunya adalah dengan pengembangan model distribusi bancassurance. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi bisnis bancassurance pada asuransi jiwa syariah di PT AXA Mandiri Area Cirebon dan menghasilkan alternatif strategi bisnis yang baru. Metode penelitian untuk pemetaan strategi bisnis saat ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan Business Model Canvas dan analisa strategi dilakukan berdasarkan metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Berdasarkan hasil penelitian strategi bisnis bancassurance pada asuransi jiwa syariah AXA Mandiri mengindikasikan strategi yang dapat dipertahankan, ditingkatkan dan diadakan. Hasil analisa faktor internal dan eksternal dengan Matriks Internal Eksternal , diperoleh nilai IFAS 2.87 dan EFAS 2.69, sehingga posisi perusahaan pada sel V (growth strategy), kemudian dilanjutkan analisa kuadran SWOT posisi perusahaan berada pada kuadran I, yaitu posisi yang sangat menguntungkan, dengan titik koordinat (Internal, Eksternal) (0,81 ; 0,59), sehingga AXA Mandiri dapat menjalankan kebijakan pertumbuhan agresif (growth oriented strategy). Strategi utama yaitu strategi SO (Strength-Opportunity) yaitu pertama dengan memperbanyak jumlah pemasar kompeten dengan motivasi dan semangat yang tinggi, kedua menjalin kerjasama yang erat dengan pihak perbankan dalam pemasaran produk , ketiga merancang produk asuransi selain unit link, keempat merancang alternatif produk dengan harga yang lebih murah, kelima merancang produk dengan pembayaran sekaligus , keenam meningkatkan kepercayaan pihak perbankan untuk memberikan dukungan bancassurance, ketujuh edukasi budaya kerja staf financial advisor untuk menyesuaikan dengan kantor perbankan, dan kedelapan meningkatkan kuantitas dan kualitas pengembangan SDM berkala baik pengetahuan produk, selling skill, sesi motivasi, bimbingan/coaching sehingga pemasar meningkat pengetahuan dan semangat kerjanya. Alternatif strategi kemudian dipetakan ke dalam 9 komponen Business Model Canvas untuk menghasilkan Business Model Canvas baru sebagai alternatif strategi bisnis bagi perusahaan. Kata Kunci : Asuransi syariah, Bancassurance, Business Model Canvas,

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:58
Last Modified: 13 Feb 2024 06:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12222

Actions (login required)

View Item View Item