Ratu Bilqis, (2023) Pembentukan Karakter Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan Di SMP NU Kaplongan - Indramayu. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh pengaruh negatif arus globalisasi yang mengakibatkan manusia menjadi tuna akhlak, dalam arti pola hidup yang tidak sesuai dengan etika dan nilai-nilai sosial di masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat misalnya dengan masih banyaknya perilaku negatif yang dilakukan oleh para pelajar sebagaimana yang terjadi di SMP NU Kaplongan Indramayu, seperti siswa sering bolos, merokok, tidak disiplin, rendahnya sopan santun terhadap guru dan orang tua, dan lain-lain. Berdasarkan masalah tersebut, perlu adanya upaya pembiasaan dan keteladanan dalam membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengidentifikasi dan menjelaskan pembentukan karakter peserta didik berbasis pembiasaan dan keteladanan serta untuk mengetahui keberhasilan dari pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan di SMP NU Kaplongan Indramayu. Pembentukan karakter dalam pendidikan tidak terlepas dari teori-teori yang berkaitan dengan teori keteladanan dan teori pembiasaan. Teori keteladanan digunakan untuk merealisasikan tujuan pendidikan lewat keteladanan dan peniruan yang baik kepada peserta didik, agar memiliki karakter yang baik dan benar. Kemudian untuk metode Pembiasaan, penulis mengutip pendapat salah seorang tokoh teori pembiasaan adalah Edward lee Thoorndike yang terkenal dengan teori connectionism (koneksionisme) yaitu belajar terjadi akibat adanya asosiasi antara stimulus dengan respon, stimulus akan memberi kesan pada panca indra, sedangkan respon akan mendorong seseorang untuk bertindak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan mengunakan teknik analisa data model Miles dan Huberman. Adapun sumber data primer diperoleh dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru BK dan Guru Agama. Sedangkan data sekunder diperoleh dari siswa SMP NU Kaplongan Indramayu ataupun informasi-informasi lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan di SMP NU Kaplongan Indramayu dilakukan dengan berbagai kegiatan, yaitu: (1) Pembiasaan shalat dhuhur berjama‟ah (2) Pembiasaan Infaq setiap jum‟at pagi (3) Pembiasaan tadarus al-Qur‟an (4) Pembiasaan tahfizd bersama setiap senin setelah upacara bendera (5) Pembiasaan yasinan dan khitobah (ceramah) setiap jum‟at pagi (6) Pembiasaan dalam berpakaian sesuai atribut dan syariat islam. Adapun pembentukan karakter berbasis keteladanan yaitu: (1) Kedisiplinan (2) Kejujuran (3) tanggung jawab. (4) rendah hati. (5) pengendalian emosi. (6) sopan santun (7) Keteladanan dengan membudayakan “5S”. (8) Keteladanan menyambut peserta didik di depan gerbang. Kata kunci: Pembentukan karakter, Pembiasaan dan Keteladanan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 08:12 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12313 |
Actions (login required)
View Item |