Penerapan Metode Menghafal Al-Qur'an (Studi Komparatif Di SMAIT, STIQ Al-Multazana Dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Kuningan Jawa Barat)

Devi Imron Rosadi, (2023) Penerapan Metode Menghafal Al-Qur'an (Studi Komparatif Di SMAIT, STIQ Al-Multazana Dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Kuningan Jawa Barat). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
A-AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

DEVI IMRON ROSADI, (21086030038). Penerapan Metode Menghafal Al-Qur`an (Studi Komparatif di SMAIT, STIQ Al-Multazam dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Kuningan Jawa Barat), Tesis, Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2023. Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh Merasa diri lemah dan susah dalam menghafalkan Al-quran sudah bukan menjadi sebuah alasan lagi bagi kaum muslimin. Belakangan ini banyak sekali metode menghafal al-qur`an yang akan membantu memudahkan pencapaian targetan hafalan juga menjaganya yang diterapkan di lembaga pendidikan maupun karantina al-qur’an, seperti di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam, STIQ Al-multazam dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional yang menjadi tempat penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1). Menjelaskan efektifitas tiga metode tersebut di tiga lembaga berbeda, (2). Menjelaskan signifikansi penerapan metode menghafal al-qur`an, (3).Menjelaskan problematika dan upaya penanggulangannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian memperoleh : penerapan metode menghafal al-qur`an (ummi, SaHal dan yadain) di tiga lembaga besar dengan segmen berbeda penghafalnya. Signifikansi kesesuaian teori dan realita dilapangan dalam penerapan metode-metode tersebut. Problematika metode menghafal tersebut: (1) Rasa malas yang terjadi pada para santri, (2) Faktor usia/tingkat kecerdasan yang berbeda-beda (3)Semangat dan keinginannya lemah (4) Media elektronik/teknologi. Adapun upaya penanggulangannya : (1) Lawan rasa malas dengan niat dan semangat yang tinggi. (2) Atur waktu sebaik dan se efisen mungkin. (3) Optimis dan besarkan husnudzon kepada Allah Swt. (4) Jadikan Media elektronik/teknologi sebagai ladang dakwah. Efektifitas dan signifikansinya tiga metode menghafal dalam menjaga dan mencapai targetan hafalan Al-Qur’an di SMAIT Al-Multazam, STIQ Al-Multazam dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Kuningan Jawa barat ini yaitu dengan konsistensi waktu dalam setoran mengulang (murojaah) sehingga dapat melahirkan para hafidz/ah dan menjadikan alat elektronik berupa hand phone sebagai sarana dakwah. Kata Kunci : Metode Menghafal Al-Qur`an, Signifikansi, Problematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:00
Last Modified: 13 Mar 2024 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12328

Actions (login required)

View Item View Item