PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ON LINE SELAMA MASA PANDEMI COVID -19 (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kedung Jaya Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon)

LINDA WATI, (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ON LINE SELAMA MASA PANDEMI COVID -19 (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kedung Jaya Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon). Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

LINDA WATI :Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Partisipasi Orang Tua Dalam Pengelolaan Pembelajaran On Line Selama Masa Pandemi Covid 19. (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kedung Jaya Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon) Pandemi Covid 19 yang masuk ke Negara Indonesia memberikan dampak perubahan terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu dilakukan dengan on line.Adanya penyelenggaran pembelajaran on line yang dilakukan di rumah tentu melibatkan orang tua dalam pelaksanaannya.Akan tetapi tujuan pembelajaran sekiranya tetap tercapai dengan berbagai kondisi termasuk dengan peningkatan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Kedung Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran on line di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedung Jaya serta bentuk partisipasi orang tua dalam kegiata pembelajaran on line serta hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeeri 1 Kedung Jaya. Peneliti menemukan adanya pembelajaran on line di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedung Jaya selama masa pandemi.Hal ini mengakibatkan orang tua ikut serta dan memberikan lebih banyak waktu agar anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga hasil belajar atau peningkatan hasil belajar dapat tercapai dengan partisipasi orang tua dengan berbagai macam bentuknya. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi.Subjek penelitian ini yaitu orang tua siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Kedung Jaya.Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Peneliti menemukan adanya pembelajaran on line di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedung Jaya selama masa pandemi. bentuk partisipasi orang tua dalam pembelajaran on line putranya ialah mendampingi, memotivasi, empati, menyayangi, mengasihi dengan memberikan arahan untuk kegiatan pembelajrannya, beberapa faktor kendala dalam partisipasi orang tua yaitu waktu yang bersamaan dengan jam kerja orang tua, terbatasnya waktu pembelajaran, kurangnya interaksi antara guru dan siswa sehingga penilaian hasil belajar dilakukan sedemikian rupa. Peningkatan hasil belajar siswa mengalami kenaikan karena penilain tidak hanya dilihat dari aspek kognitif saja melainkan juga dengan aspek afektif dan psikomotorik. Kata Kunci: Belajar On line, Partisipasi, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:33
Last Modified: 28 Feb 2024 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12337

Actions (login required)

View Item View Item