KONTRIBUSI PROGRAM KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERDAYA SAING DI MAN 2 CIREBON

MASRUHAH, (2023) KONTRIBUSI PROGRAM KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERDAYA SAING DI MAN 2 CIREBON. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

MASRUHAH, 2021, NIM: 21086010014, KONTRIBUSI PROGRAM KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERDAYA SAING DI MAN 2 CIREBON Seorang pimpinan sekaligus menjadi manajer dari organisasi yang dipimpinnya, memiliki tugas dan tanggung jawab guna merealisakan visi misi organisasi. Seiring dinamika pendidikan di Indonesia madrasah aliyah selaku entitas berkembang dinamis. Bukan hanya figur kepemimpinan, seni dalam memimpin dari seorang pemimpin/manajer sekolah menjadi dinamika tersendiri dalam memastikan program sekolah dapat sesuai dengan target perencanaan. Kepala MAN 2 CIREBON bertanggung jawab untuk memastikan bahwa program pendidikan menjamin mutu luaran dan berdaya saing sekolah melalui pelaksanaan secara program secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi program Kepala MAN 2 Cirebon dalam meningkatkan mutu pendidikan berdaya saing; mendeskripsikan pelaksanaan program, mendeskripsikan pengawasan yang dilakukan, serta menganalisa hambatan-hambatan yang dihadapi Kepala MAN 2 Cirebon dalam meningkatkan mutu pendidikan berdaya saing. Adapun penelitian ini tersusun atas beberapa teori yang melandasi penyusunannya. Berikut teori yang digunakan dalam penelitian ini berupa grand theory yakni teori manajemen; middle theory menggunakan 2 teori yakni Teori manajemen sistem teori manajemen pendidikan Islam; pengaplikasiannya menggunakan 4 teori yakni teori kontingensi, teori kontribusi, teori mutu pendidikan dan teori daya saing pendidikan. Pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif, melihat fenomena MAN 2 Cirebon yang mampu mengutamakan mutu dalam pembelajaran dan mampu berdaya saing dalam kompetisi global. Sumber data primer didapatkan dari wawancara dengan pihak terkait. Dan Sumber data sekunder didapatkan dari buku-buku, artikel jurnal, berita online, youtube terkait penelitian. Kemudian disusun dan dibuat narasi dengan melakukan triangulasi data primer dan data sekunder yang ada, sehingga menjadi penelitian yang utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kontribusi program Kepala MAN 2 Cirebon dalam meningkatkan mutu pendidikan berdaya saing dengan melihat (1) kemampuan memperkokoh pangsa pasar, (2) kemampuan menghubungkan dengan lingkungan, (3) kemampuan meningkatkan kinerja tanpa henti, (4) kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan; 2) Pelaksanaan program Kepala MAN 2 Cirebon dalam meningkatkan mutu pendidikan berdaya saing dilihat dari: (1) perencanaan program, (2) proses pembelajaran, (3) proses penilaian. Yang mengindikasikan pelaksanaan program berjalan baik dan berhasil sesuai pencanangan program Kepala MAN 2 Cirebon; 3) Pengawasan pun dilakukan Kepala MAN 2 Cirebon; 3) Hambatan yang ada masih bisa diusahakan dan diestafetkan pada kepemimpinan berikutnya di MAN 2 Cirebon. Kata Kunci: kontribusi kepala madrasah, peningkatan mutu pendidikan, pendidikan berdaya saing

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:32
Last Modified: 28 Feb 2024 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12338

Actions (login required)

View Item View Item