PERSEPSI WARGA BELAJAR TENTANG PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PKBM MULTISARI KELURAHAN CICENANG KECAMATAN CIGASONG KABUPATEN MAJALENGKA

EEM NURAVIPAH, (2023) PERSEPSI WARGA BELAJAR TENTANG PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PKBM MULTISARI KELURAHAN CICENANG KECAMATAN CIGASONG KABUPATEN MAJALENGKA. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Eem Nuravipah NIM: 21086030040: “Persepsi Warga Belajar Tentang Pendidikan Formal Dan Pendidikan Agama Islam Di PKBM Multisari Kelurahan Cicenang Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka” Anak adalah merupakan titipan Allah yang harus di jaga oleh orang tuanya. Salah satu tanggungjawab orang tua terhadap anak adalah pendidikannya. Tanggungjawab tersebut telah diatur dalam pasal 1 UU perkawinan No 1 Tahun 1974 yang menyatakan bahwa pendidikan anak hasil perkawinan menjadi tanggungjawab kedua orangtuanya. Pendidikan formal menjadi hal penting yang wajib dimiliki oleh anak-anaknya, karena pendidikan mampu memberikan pekerjaan dan status sosial yang lebih baik di kehidupan bermasyarakat. Pendidikan juga berfungsi sebagai salah satu usaha mengentaskan kemiskinan dan ketidaksetaraan. Masalah penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Masyarakat dan Warga Belajar tentang Pendidikan Formal dan Pendidikan Agama Islam,Bagaimana,Bagaiman Peran PKBM Multisari dalam meningkatkan Pendidikan Warga Belajar, Upaya pemerintah dan masyarakat mengatasi masalah putus sekolah bagi Warga Belajar di Kabupaten Majalengka Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang persepsi masyarakat terhadap pentingnya pendidikan formal studi kasus di PKBM Multisari Kelurahan Cicenang Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka. persepsi adalah proses yang menggabungkan dan mengorganisasi data-data inderakita (penginderaan) untuk dikembangkan sedemikian rupa sehingga kita dapat menyadari pola pikir masyarakat di sekeliling (lingkungan), dan persepsi ini bisa berkembang menjadi pola pikir, dan selanjutnya menjadi jalan hidup dalam masyarakat yang menunjukan bahwa masyarakat memiliki persepsi positif dan persepsi negatif tentang pentingnya pendidikan formal. Metode penelitan ini dilakukan dengan menggunakan peneeelitian kulaitatif yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang bedasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena social dan masalah manusia. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa warga belajar di PKBM Multisari Kelurahan Cicenang, bahwa terdapatnya persepsi positif 35% dan persepsi negatif 65% yang berkembang didalam persepsi dan pola pikir masyarakat kelurahan Cicenang. Di indikasi terdapat persepsi negatif dan positif yang ditemukan oleh peneliti didalam pola pikir masyarakat kelurahan Cicenang tentang pentingnya pendidikan dikelurahan Cicenang,generasi muda mulai memahami kebutuhan pokok, melalui strategi dalam meningkatkan kerjasama dengan masyarakat di bidang pendidikan ditandai dengan adanya kerja sama antara PKBM dengan kelurahan dan masyarakat untuk melakukan rekrutmen warga belajar, Pemerintah Kabupaten Majalengka menerapkan Rencana Aksi Daerah penanganan ATS di kecamatan. Kata kunci : Persepsi, Pendidikan Formal, Pendidikan PAI

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:26
Last Modified: 13 Mar 2024 03:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12342

Actions (login required)

View Item View Item