EFEKTIVITAS PROGRAM LITERASI UNTUK PENINGKATAN BUDAYA BACA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NU GHOFARONA PUSAKAJAYA SUBANG

MUZAYANAH, (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM LITERASI UNTUK PENINGKATAN BUDAYA BACA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NU GHOFARONA PUSAKAJAYA SUBANG. Other thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Muzayanah, NIM: 21086010031, Jurusan: Manajemen Pendidikan Islam. Judul Efektivitas Program Literasi Untuk Peningkatan Budaya Baca Siswa di Sekolah Menengah Pertama NU Ghofarona Pusakajaya Subang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya baca siswa, menganalisis efektivitas program literasi di Sekolah Menengah Pertama NU Ghofarona Pusakajaya Subang dan mengidentifikasi faktor hambatan yang mempengaruhi implementasinya. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan strategi yang dapat mengatasi hambatan tersebut guna meningkatkan budaya baca siswa. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan berbagai pihak terkait, observasi, dan analisis dokumen. Waktu dan tempat penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama NU Ghofarona Pusakajaya Subang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya baca siswa di Sekolah Menengah Pertama NU Ghofarona Pusakajaya Subang didukung oleh minat baca yang tinggi dari siswa itu sendiri serta adanya sarana dan prasarana yang memadai. Budaya baca siswa berada pada kategori tinggi berdasarkan dimensi pemanfaatan sumber bacaan dan kebiasaan membaca siswa. Program literasi di sekolah telah berjalan efektif dengan adanya upaya dari pihak sekolah dalam melaksanakan berbagai kegiatan membaca, seperti kegiatan Jumat Membaca dan berbagai kegiatan literasi lainnya. Namun, terdapat faktor penghambat efektivitas program literasi yang perlu diatasi, seperti kurangnya kerjasama dengan pihak kurikulum, sosialisasi program yang belum maksimal, dan kurangnya dukungan dari seluruh lingkungan sekolah. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, perlu ditingkatkan manajemen program literasi, melakukan konservasi program literasi, dan memberikan motivasi kepada siswa untuk gemar membaca. Dengan mengimplementasikan strategi-strategi ini, diharapkan program literasi di Sekolah Menengah Pertama NU Ghofarona Pusakajaya Subang dapat mencapai tujuan peningkatan budaya baca siswa secara keseluruhan dan memperkuat minat baca siswa. Pengoptimalan program literasi dengan pendekatan holistik akan membantu meningkatkan kualitas siswa dalam membaca dan menumbuhkan minat baca yang lebih tinggi di kalangan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan agar budaya membaca siswa ditingkatkan dengan membangun motivasi terhadap siswa terlebih dahulu, membangun lingkungan yang mendukung, dan melakukan perencanaan yang matang dalam program literasi. Selain itu, perlu dilakukan konservasi program literasi dengan melibatkan seluruh komponen sekolah, termasuk guru dan tim pengembang kurikulum, melalui pendidikan kompetensi literasi seperti diklat, IHT (In-House Training), pelatihan, dan mengikuti perlombaan terkait literasi. Kata Kunci : efektivitas program literasi, budaya baca siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:22
Last Modified: 28 Feb 2024 01:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12346

Actions (login required)

View Item View Item