Annisah Nur Amalliyah, (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 DUKUPUNTANG. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAPUS.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 DUKUPUNTANG ANNISAH NUR AMALLIYAH NIM: 19086010002 ABSTRAK Manajemen pembelajaran mempunyai peranan penting di sekolah. Pembelajaran pasca pandemi Covid-19 diharapkan mampu mengembalikan nilai-nilai pembelajaran yang hilang karena dampak pandemi Covid-19. Penerapan manajemen pembelajaran yang baik dan sesuai kebutuhan salah satu cara untuk menciptkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran manajemen pembelajaran, faktor penentu keberhasilan manajemen pembelajaran, faktor penghambat keberhasilan manajemen pembelajaran pasca Covid-19 di SMA Negri 1 Dukupuntang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di SMA N 1 Dukupuntang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Gambaran Manajemen Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19 di SMAN 1 Dukupuntang menggunakan manajemen POAC : Planning (perencanaan) pertama persiapan berupa rapat , assesmen diagnostik , In house training (IHT) implementasi kurikulum merdeka (IKM) kedua penyusunan berupa program tahunan, program semester, silabus, rancana pelaksanaan pembelajaran (RPP), rencana pelaksanaan layanan (RPL) ; Organizing (pengorganisasian) berupa penyusunan organisasi dan pembagian tugas ;Actuating (penggerakan) pengarahan berupa kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; dan Controlling (pengendalian) berupa supervisi klinis dengan pedekatan kolaboratif dan supervisi akademik. (2) Gambaran faktor penentu manajemen pembelajaran pasca pandemi COVID-19 di SMAN 1 Dukupuntang yaitu : Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) kategori Mandiri Berbagi, semangat peserta didik, sikap kooperatif guru dan sarana dan prasarana. (3) Gambaran faktor penghambat manajemen pembelajaran pasca pandemi COVID-19 di SMAN 1 Dukupuntang yaitu : Fakor internal belum memaksimalkan Gerakan Tujuh Hari Berkarakter (HARKAT), faktor eksternal dampak Pandemi COVID-19 yaitu adaptasi baik guru maupun peserta didik. Keyword : Manajemen, Pembelajaran, Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:21 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 06:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12348 |
Actions (login required)
View Item |