PEMBELAJARAN PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAMBIL KEPUTUSAN PADA MAHASISWA

Johar Maknun, (2022) PEMBELAJARAN PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAMBIL KEPUTUSAN PADA MAHASISWA. Project Report. LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon.

[img]
Preview
Text
Penelitian_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengkaji penerapan model experiential learning berbasis socioscientfic issues pada pembelajaran biologi, dan 2) menganalisis pengaruh dan efektivitas model experiential learning berbasis socioscientfic issues untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa S-1 dalam mengambil keputusan pada pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan Design and Development Research (DDR) meliputi tahap identifikasi masalah dan tujuan, desain dan pengembangan produk, menguji, mengevaluasi produk dan mengkomunikasikan hasil tes. Subjek penelitian terdiri 165 mahasiswa program S-1 Pendidikan Biologi semester I dan V pada tahun akademik 2022/2023 di Jurusan Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kelayakan produk model hasil pengembangan (MELSSI) dan instrumen pengukur hasil pembelajaran diuji dan dievaluasi melalui dua tahap tes. Tahap kesatu, validitas dilakukan oleh empat pakar terhadap model tersebut dan instrumen hasil pembelajaran yang dikembangkan, hasil kategori valid mengacu pada nilai koefisien V Aiken. Tahap kedua, uji model MELSSI di lapangan diakhiri dengan perbandingan hasil kelas kontrol dan eksperimen. Uji coba instrumen dan uji model pembelajaran berupa Indek Sensitivitas (IS) yang menyatakan bahwa item yang ada dapat dinyatakan valid jika perbedaan right after learning dan before learning signifikan. Pemenuhan reliabilitas instrumen tes berupa hasil belajar dihitung menggunakan koefisien Kappa realiabel jika nilai koefisien Kappa berkisar antara 0,70 dan 0,72. Tahap Uji model MELSSI menggunakan nonequivalent quasi experimental pretest-posttest, hasilnya untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran MELSSI melalui uji T. Keefektifan model dianalisis berdasarkan nilai N-Gain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) MELSSI, sebagai pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan pengambilan keputusan bagi mahasiswa Program S-1 Tadris Biologi, (2) MELSSI berpengaruh dan efektif meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengambilan keputusan.

[error in script]
Item Type: Monograph (Project Report)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:38
Last Modified: 20 Nov 2023 03:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12370

Actions (login required)

View Item View Item