PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RISIKO DAN RETURN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERINVESTASI (Survei Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Bibit di Platform Twitter)

AINAYAH AFGHANIS, (2023) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RISIKO DAN RETURN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERINVESTASI (Survei Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Bibit di Platform Twitter). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203086_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203086_2_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203086_6_bab5.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203086_7_dafpus.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Ainayah Afghanis. NIM:1908203086, "PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RISIKO DAN RETURN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT BERINVESTASI (Survei Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi Bibit di Platform Twitter)", 2023. Finansial teknologi saat ini erat kaitannya dengan investasi, terutama investasi digital. Fintech memberikan kemudahan dalam pelayanan masyarakat untuk melakukan investasi. Investasi merupakan aktivitas yang menanamkan modal dengan tujuan memperoleh keuntungan. Keputusan berinvestasi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kemudahan penggunaan yang mana dalam hal ini berinvestasi digital, selain itu persepsi risiko dan return menjadi faktor dari keputusan berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, risiko dan return terhadap keputusan masyarakat berinvestasi menggunakan aplikasi Bibit. Data yang digunakan yaitu data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang dipilih menggunakan rumus slovin dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteoskedastisitas dan uji linearitas, analisis linier berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kemudahan penggunaan dan return secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat berinvestasi menggunakan aplikasi Bibit sedangkan risiko berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat berinvestasi menggunakan aplikasi Bibit. Selain itu, kemudahan penggunaan, risiko dan return secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat berinvestasi menggunakan aplikasi Bibit. Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan, Risiko, Return, Keputusan Berinvestasi, Aplikasi Bibit.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:28
Last Modified: 12 Jan 2024 07:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item View Item