FADILAH A’ENI, (2023) Pengaruh Kualitas Layanan dan Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
1808203090_1_cover.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
1808203090_2_bab1.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
1808203090_6_bab5.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
1808203090_7_dafpus.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
FADILAH A’ENI, NIM: 1808203090, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT KANTOR CABANG CIREBON”, 2023. Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan loyalitas nasabah bank melalui faktor-faktor yang mempengaruhinya, di antaranya adalah kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas layanan Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon terhadap loyalitas nasabah, (2) pengaruh penerapan etika bisnis Islam Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon terhadap loyalitas nasabah, dan (3) pengaruh secara simultan kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan datanya menggunakan angket, dan analisis datanya dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon termasuk dalam kategori “lemah” (0,239) berada pada interval 0,20 – 0,399 dan nilai Sig.F sebesar 0,055 artinya terdapat pengaruh yang “lemah” dan tidak signifikan dari variabel kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon sebesar 23,9%; (2) Pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon termasuk dalam kategori “kuat” (0,675) berada pada interval 0,60 - 0,799 dan nillai Sig.F sebesar 0,000 artinya terdapat pengaruh yang “kuat” dan signifikan dari variabel penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon sebesar 67,5%; dan (3) Pengaruh secara simultan kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam adalah “kuat” (0,768) dan nilai Sig.F sebesar 0,000 artinya secara simultan kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam berpengaruh “kuat” terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon sebesar 76,8% dan sisanya 23,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Etika Bisnis Islam, dan Loyalitas Nasabah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 08:03 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 08:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12395 |
Actions (login required)
View Item |