Pengaruh Kualitas Layanan dan Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon

FADILAH A’ENI, (2023) Pengaruh Kualitas Layanan dan Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808203090_1_cover.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203090_2_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203090_6_bab5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203090_7_dafpus.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

FADILAH A’ENI, NIM: 1808203090, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT KANTOR CABANG CIREBON”, 2023. Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan loyalitas nasabah bank melalui faktor-faktor yang mempengaruhinya, di antaranya adalah kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas layanan Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon terhadap loyalitas nasabah, (2) pengaruh penerapan etika bisnis Islam Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon terhadap loyalitas nasabah, dan (3) pengaruh secara simultan kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan datanya menggunakan angket, dan analisis datanya dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon termasuk dalam kategori “lemah” (0,239) berada pada interval 0,20 – 0,399 dan nilai Sig.F sebesar 0,055 artinya terdapat pengaruh yang “lemah” dan tidak signifikan dari variabel kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon sebesar 23,9%; (2) Pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon termasuk dalam kategori “kuat” (0,675) berada pada interval 0,60 - 0,799 dan nillai Sig.F sebesar 0,000 artinya terdapat pengaruh yang “kuat” dan signifikan dari variabel penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon sebesar 67,5%; dan (3) Pengaruh secara simultan kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam adalah “kuat” (0,768) dan nilai Sig.F sebesar 0,000 artinya secara simultan kualitas layanan dan penerapan etika bisnis Islam berpengaruh “kuat” terhadap loyalitas nasabah bank Muamalat KC Cirebon sebesar 76,8% dan sisanya 23,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Etika Bisnis Islam, dan Loyalitas Nasabah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:03
Last Modified: 12 Jan 2024 08:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item