KORELASI ANTARA KARAKTER, PENDAPATAN DAN PENGAWASAN PEMBIAYAAN DENGAN TINGKAT PENGEMBALIAN PEMBIAYAAN (STUDI KASUS PEMBIAYAAN MODAL KERJA BTN IB BANK BTN SYARIAH KC CIREBON)

Idah Jumeidah, (2023) KORELASI ANTARA KARAKTER, PENDAPATAN DAN PENGAWASAN PEMBIAYAAN DENGAN TINGKAT PENGEMBALIAN PEMBIAYAAN (STUDI KASUS PEMBIAYAAN MODAL KERJA BTN IB BANK BTN SYARIAH KC CIREBON). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203026_1_cover.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203026_2_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203026_6_bab5.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203026_7_dafpus.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Idah Jumeidah. 1908203026. “KORELASI ANTARA KARAKTER, PENDAPATAN DAN PENGAWASAN PEMBIAYAAN DENGAN TINGKAT PENGEMBALIAN PEMBIAYAAN (STUDI KASUS PEMBIAYAAN MODAL KERJA BTN IB BANK BTN SYARIAH KC CIREBON)”, 2023. Perkembangan bank syariah sangatlah pesat, hal ini dapat dirasakan oleh masyarakat yang menghindari sistem bunga. Peran bank syariah juga berpengaruh dalam meningkatkan perekonomian, seperti salah satu kegiatan bank syariah yaitu penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan yang dapat membantu dari segi pinjaman modal bagi masyarakat. Pemberian pembiayaan tidak selalu berjalan dengan lancar karena pemberian pembiayaan tidak terlepas dari suatu risiko tertentu. Walaupun berbagai cara telah dilakukan, pembiayaan bermasalah tetap ada dalam lingkungan lembaga pembiayaan, termasuk di BTN Syariah KC Cirebon. Dalam mengatasi risiko pembiayaan perlu adanya suatu analisis mengenai faktor�faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian pembiayaan, agar tidak terjadinya pembiayaan bermasalah yang dapat menganggu kelangsungan operasional bank. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana korelasi antara karakter, pendapatan dan pengawasan pembiayaan dengan tingkat pengembalian pembiayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner dengan sampel 57 responden kepada nasabah pembiayaan modal kerja BTN iB Bank BTN Syariah KC Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel karakter nasabah (X1) memiliki korelasi yang signifikan dengan tingkat pengembalian pembiayaan (Y) dibuktikan dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai thitung (14,82) > ttabel (1,67412). Pada variabel pendapatan nasabah (X2) memiliki korelasi yang signifikan dengan tingkat pengembalian pembiayaan (Y) dibuktikan dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai thitung (3,74) > ttabel (1,67412). Pada variabel pengawasan pembiayaan (X3) memiliki korelasi yang signifikan dengan tingkat pengembalian pembiayaan (Y) dibuktikan dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai thitung (5,60) > ttabel (1,67412). Yang artinya keseluruhan variabel independen memiliki korelasi yang signifikan dengan variabel dependen. Kata Kunci : Karakter, Pendapatan, Pengawasan, dan Pengembalian Pembiayaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:16
Last Modified: 15 Jan 2024 02:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12398

Actions (login required)

View Item View Item