Dampak Sinergitas BAZNAS Kabupaten Cirebon Dan Lembaga Keuangan Dalam Pengelolaan Dana ZIS Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Muhammad Toha, (2023) Dampak Sinergitas BAZNAS Kabupaten Cirebon Dan Lembaga Keuangan Dalam Pengelolaan Dana ZIS Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203190_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203190_2_bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203190_6_bab5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203190_7_dafpus.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Muhammad Toha. NIM. 1908203190. “Dampak Sinergitas BAZNAS Kabupaten Cirebon Dan Lembaga Keuangan Dalam Pengelolaan Dana ZIS Terhadap Kesejahteraan Masyarakat” 1444 H/2023 M. Sinergitas adalah suatu tindakan yang melibatkan segala aktivitas yang beriringan bersama sehingga menciptakan sesuatu yang baru. Sama halnya dengan konteks pengelolaan dana ZIS, sinergitas juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan. BAZNAS Kabupaten Cirebon bersama Lembaga Keuangan yang lain melakukan kerjasama dalam menanggulangi kesenjangan masyarakat yang ada di Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu dalam Pengelolaan dana ZIS, mensejahterakan masyarakat menjadi tujuan pertama bagi Baznas Kabupaten Cirebon untuk menanggulangi kesenjangan di wiliayah Kabupaten Cirebon untuk melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZIS yang tepat sasaran di kabupaten Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana bentuk dari sinergitas BAZNAS dan Lembaga Keuangan dalam pengelolaan dana ZIS dan dampak dari sinergitas BAZNAS Kabupaten Cirebon dan Lembaga Keuangan terhadap kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, buku, artikel jurnal dan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil analisis penelitian yang dilakukan sesuai dengan rumusan masalah yaitu: (1) Bentuk Sinergitas dan dengan Lembaga Keuangan mana saja BAZNAS Kabupaten Cirebon bersinergi dalam pengelolaan dana ZIS, dengan perbankan dan non perbankan seperti BJB, BJB Syariah, BSI, BRI, Mandiri, Muammalat, UPZ dan BPKH mengahasilkan Via transfer ke rekening BAZNAS, Dompet Digital seperti Dana, Link Aja, OVO, Go Pay melalui Barcode, serta aplikasi BSI Mobile dan DIGI (2) Dampak sinergitas terhadap kesejahteraan masyarakat untuk memudahkan penghimpunan bagi muzakki dan mengoptimalkan pendistribusian langsung ke masyarakat. Dengan tujuan mensejahterakan masyarakat untuk berzakat dan menerima zakat BAZNAS Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: Sinergitas, Pengelolaan Dana ZIS, Dampak Pada Kesejahteraan Masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:34
Last Modified: 15 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12406

Actions (login required)

View Item View Item