Analisis penerapan manajemen risiko pada pembiayaan pinjaman non gadai atas cicil kendaraan (studi kasus PT. Pegadaian Syariah UPS Awirarangan)

NURLELI MEILINA SARI, (2023) Analisis penerapan manajemen risiko pada pembiayaan pinjaman non gadai atas cicil kendaraan (studi kasus PT. Pegadaian Syariah UPS Awirarangan). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203091_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203091_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203091_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203091_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NURLELI MEILINA SARI, NIM: 1908203091 “ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA PEMBIAYAAN PINJAMAN NON GADAI ATAS CICIL KENDARAAN (STUDI KASUS PT. PEGADAIAN SYARIAH UPS AWIRARANGAN)” Peningkatan kepemilikan kendaraan di dalam perkotaan terutama kota Kuningan menyebabkan meningkatnya jumlah pergerakan kendaraan pribadi sehingga kota kuningan mendapati kepadatan lalu lintas yang sangat tinggi, hampir setiap rumah memiliki kendaraan pribadi kurang lebih satu atau dua kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat, akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mempunyai kendaraan pribadi, atau banyak juga masyarakat yang menginginkan kendaraan pribadi yang lebih update karena setiap tahun dari berbagai merek kendaraan mengeluarkan berbagai macam kendaraan dengan fasilitas yang sangat bagus. Kepemilikan kendaraan bisa didapatkan dengan cara pembelian secara kredit maupun cash, lembaga keuangan syariah pada saat ini sudah menerbitkan pembiayaan atas kepemilikan kendaraan yang dikenal dengan produk amanah, produk amanah merupakan pinjaman yang ditunjukkan untuk karyawan ataupun masyarakat yang menginginkan kendaraan impian dengan cara pembelian secara kredit, dengan memberikan uang muka di awal dan angsuran tetap. Akan tetapi dalam pelaksanaan pembiayaan sering terjadinya risiko baik dari risiko internal mau pun eksternal, hampir 20% dari jumlah nasabah pembiayaan mengalami risiko dari pihak eksternal yaitu adanya nasabah wanprestasi di mana nasabah tidak sanggup dalam memenuhi kewajibannya atau lalai atas kewajibannya sehingga dapat menyebabkan resiko yang harus didapati oleh pihak Pegadaian Syariah. Oleh karna itu peneliti tertarik akan penelitian tentang penerapan manajemen risiko, dimana penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif deskriptif dan tertulis di mana penelitian yang dilakukan dengan cara pendekatan dengan nasabah maupun pihak Pegadaian Syariah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dokumentasi, triangulasi, dan penerapan analisis. Hasil yang telah dilakukan oleh peneliti di mana penelitian dengan cara kualitatif atas wawancara yang telah dilaksanakan memberikan hasil bahwa benar adanya pada pembiayaan diselenggaraan terdapatnya risiko atas kegagalan nasabah atau nasabah wanprestasi sehingga penetapan manajemen risiko yang dilakukan oleh pihak PT. Pegadaian Syariah UPS Awirarangan yaitu dengan cara menetapkan SP pada nasabah yang telah melanggar aturan yang disepakati di awal. Di mana hasil dari resiko yang didapati dianalisis terlebih dahulu dengan cara identifikasi risiko pengukuran risiko hingga pengoptimalan risiko yang harus dilakukan guna meminimalisir terjadinya risiko kembali di kemudian hari. Kata Kunci: Minat Nasabah, Risiko, Penerapan Manajemen.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:45
Last Modified: 15 Jan 2024 03:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item View Item