Analisis Implementasi Akad Murabahah Terhadap Produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Ciledug)

Sherly Pujiarti Dewi, (2023) Analisis Implementasi Akad Murabahah Terhadap Produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Ciledug). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808203119_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203119_2_bab1.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203119_6_bab5.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203119_7_dafpus.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Sherly Pujiarti Dewi. 1808203119. Analisis Implementasi Akad Murabahah Terhadap Produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Ciledug). 2023. Pembiayaan dengan metode Murabahah ternyata mendominasi pembiayaan perbankan syariah. Sejak awal tahun 1998 Dubai Islamic Bank menyalurkan pembiayaan sebanyak 82% dari total pembiayaan. Islam menganggap jual-beli dengan mekanisme kredit adalah jual-beli yang sah-sah saja. Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan salah satu produk dari BSI Kantor Cabang Ciledug. Pada era ini, masyarakat membutuhkan transportasi untuk kebutuhan sehari-hari untuk dijadikan alat atau fasilitas mereka bekerja. Produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor yang dioperasikan oleh Bank Syariah Indonesia Cabang Cirebon menggunakan Akad Murabahah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pembiayaan kendaraan bermotor dengan prinsip murabahah pada Bank Syariah Indonesia Cabang Ciledug, untuk mengetahui transaksi pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia Cabang Ciledug dan untuk mengetahui penentuan harga dan margin pembiayaan akad murabahah di Bank Syariah Indonesia Cabang Ciledug. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian melakukan pengecekan ulang data dengan menggunakan teknik analisis data. Setelah itu peneliti melakukan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan permohonan pembiayaan yang dilakukan oleh customer kepada nasabah sudah sesuai dengan memberikan penjelasan secara langsung kepada nasabah, transaksi yang dilakukan oleh BSI KCP Ciledug sudah sesuai karena dalam mengimplementasikannya BSI KCP Ciledug sudah memberikan manfaat akad murabahah kepada nasabah yang akan melakukan transaksi dengan menggunakan akad murabahan secara transparan. Metode perhitungan margin yang digunakan adalah metode margin keuntungan anuitas dimana sebelumnya telah diperhitungkan terlebih dahulu untuk harga jual yang akan mempengahruhi total harga barang. Kata kunci: bank syariah, akad murabahah, pembiayaan kendaraan bermotor.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:42
Last Modified: 15 Jan 2024 06:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12418

Actions (login required)

View Item View Item