ANALISI PENGEMBANGAN WISATA BARU SIDE LAND MELALUI 3A (ATRAKSI, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS) DAN KONTRIBUSINYA PADA EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada Desa Kaduela Kecamatan PasawahanKabupaten Kuningan)

Eli Sukmawati, (2023) ANALISI PENGEMBANGAN WISATA BARU SIDE LAND MELALUI 3A (ATRAKSI, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS) DAN KONTRIBUSINYA PADA EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada Desa Kaduela Kecamatan PasawahanKabupaten Kuningan). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204063_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204063_2_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204063_6_bab5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204063_7_dafpus.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Eli Sukmawati. NIM : 1908204063, ”ANALISI PENGEMBANGAN WISATA BARU SIDE LAND MELALUI 3A (ATRAKSI, AMENITAS, DAN AKSESIBILITAS) DAN KONTRIBUSINYA PADA EKONOMI MASYARAKAT (Studi Pada Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan)”. Penelitian ini bertujuan mengetahui secara dalam penerapan 3A pariwisata untuk mengetahui pengembangan wisata Sideland. Untuk dapat meningkatkan potensi pariwisatanya, yang perlu dilakukan adalah merencanakan pengembangan wisata agar dapat lebih baik dari sebelumnya. Konsep 3A (atraksi, amenitas dan aksesibilitas ) merupakan syarat bagi pengembangan sebuah destinasi wisata. Setiap desatinasi wisata pasti mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing masing yang menjadikan daya tarik wisata. Dilain sisi, faktor amenitas dan aksesibilitas akan menjadi kunci bagi keberlangsungan wisatawan dalam menikmati pengalaman berwisata. Ketiga konsep tersebut memiliki peran penting dalam membangun pengalaman berwisata yang nyaman serta memenuhi kebutuhan wisatawan. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitataif, sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wisata Sideland merupakan wisata kolam renang yang dibangun yang ada di Desa Kaduela yang terdapat 5 kolam renang dengan pemandangan alam dan persawahan. (2) melalui komponen 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilita) mampu menjawab pengembangan wisata yang layak dan upaya mengatasi tantangan sekaligus peningkatan nilai tambah suatu tempat/produk. (3) Dampak pengembangan wisata Sideland belum optimal, tetapi dengan adanya wisata Sideland memberikan peluang bagi masyarakat untuk memiliki pekerjaan dan meningkatnya pendapatan dari sebelumnya. Kata Kunci : Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, Pengembangan, Ekonomi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:22
Last Modified: 15 Jan 2024 08:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item