EFEKTIVITAS DAN DAMPAK PROGRAM PENGUNGKAPAN SUKARELA (PPS) BAGI PENERIMAAN PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus pada KPP Pratama Cirebon Satu)

Hanifatin Nisah, (2023) EFEKTIVITAS DAN DAMPAK PROGRAM PENGUNGKAPAN SUKARELA (PPS) BAGI PENERIMAAN PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus pada KPP Pratama Cirebon Satu). Bachelor thesis, S1 Akuntansi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908205003_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205003_2_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205003_6_bab5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205003_7_dafpus.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Hanifatin Nisah, NIM: 1908205003. “EFEKTIVITAS DAN DAMPAK PROGRAM PENGUNGKAPAN SUKARELA (PPS) BAGI PENERIMAAN PAJAK DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus pada KPP Pratama Cirebon Satu)”. Skripsi 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan dampak Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang diadakan pada tahun 2022 bagi penerimaan pajak dan kepatuhan wajib pajak pada KPP Pratama Cirebon Satu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai sumber data utama serta data-data sekunder dari sumber lain sebagai data pelengkap, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Program Pengungkapan Sukarela adalah kesempatan yang diberikan bagi wajib pajak untuk mengungkapkan kewajibannya dalam membayar pajak yang belum dipenuhi secara sukarela melalui pembayaran PPh berdasarkan pengungkapan harta yang dimiliki wajib pajak. Wajib pajak diberi kesempatan untuk secara sukarela mengungkapkan hartanya yang belum atau tidak dilaporkan dalam tax amnesty atau harta yang selama ini belum dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan. PPS ini dilaksanakan selama 6 bulan terhitung mulai 1 Januari hingga 30 Juni 2022. Dari segi ekonomi, PPS memiliki dua fungsi penting yaitu sebagai potensi untuk mendapatkan sumber investasi baru dalam membiayai pembangunan ekonomi dan perluasan basis perpajakan nasional. Hasil penelitian ini yaitu Program Pengungkapan Sukarela dapat dikatakan efektif bagi penerimaan pajak negara karena dilihat dari realisasi PPS sudah melampaui target dan tentunya meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak terbukti dengan jumlah wajib pajak peserta PPS, nilai harta bersih total deklarasi dalam dan luar negeri, repatriasi harta dari luar negeri, jumlah pajak penghasilan serta investasi dari harta yang direpatriasi semuanya menunjukkan angka yang memuaskan, sehingga jelas efektivitas program pengungkapan sukarela bagi penerimaan pajak khususnya pada KPP Pratama Cirebon Satu sangatlah baik. Kemudian KPP Pratama Cirebon Satu mengharapkan agar PPS ini efektif untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak yang selama ini belum mengungkapkan semua hartanya agar tidak terjadi kecemburuan dengan wajib pajak lain yang taat. Satu hal lagi, program ini ternyata memberikan banyak kesan dan dampak positif terutama bagi KPP Pratama Cirebon Satu salah satunya memberikan kesan yang baik kepada wajib pajak atas pelayanan pegawai pajak di KPP yang dapat membuat mereka nyaman serta membangun interaksi dan komunikasi yang baik antara pegawai pajak dan wajib pajak. Kata kunci: Program Pengungkapan Sukarela, efektivitas dan dampak, penerimaan pajak, kepatuhan wajib pajak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:34
Last Modified: 16 Jan 2024 07:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12455

Actions (login required)

View Item View Item