PERAN LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF NASIONAL DALAM PERLINDUNGAN ROYALTI HAK CIPTA LAGU DAN/ATAU MUSIK PERSPEKTIF UNDANG – UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 Jo. PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 56 TAHUN 2021 DAN MAQASHID SYARIAH PADA RESTORAN DI KOTA CIREBON

Hendky Rossie Irwan Siregar, (2023) PERAN LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF NASIONAL DALAM PERLINDUNGAN ROYALTI HAK CIPTA LAGU DAN/ATAU MUSIK PERSPEKTIF UNDANG – UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 Jo. PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 56 TAHUN 2021 DAN MAQASHID SYARIAH PADA RESTORAN DI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1808202004_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202004_2_bab1.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202004_6_bab5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808202004_7_dafpus.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Hendky Rossie Irwan Siregar. NIM: 1808202004. “PERAN LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF NASIONAL DALAM PERLINDUNGAN ROYALTI HAK CIPTA LAGU DAN/ATAU MUSIK PERSPEKTIF UNDANG – UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 Jo. PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 56 TAHUN 2021 DAN MAQASHID SYARIAH PADA RESTORAN DI KOTA CIREBON”, 2023. Industri usaha restoran di Kota Cirebon masih banyak yang tidak pernah dilakukan pengolektifan royalti oleh LMKN atas lagu dan musik yang dipergunakan pada restorannya dan ada juga yang telah dilakukan penarikan royalti oleh LMKN atas lagu dan musik yang dipergunakan, tetapi pada progresnya tidak ada pendataan baik melalui pusat data lagu/musik maupun melalui Sistem Informasi Lagu & Musik (SILM) sebagaimana pada ketentuan Peraturan perundang – undangan. Menyikapi hal tersebut LMKN berperan melakukan perlindungan royalti hak cipta lagu dan/atau musik dalam penggunaan lagu dan/atau musik pada usaha restoran khususnya perlindungan royalti hak cipta lagu dan/atau musik di Kota Cirebon menurut Undang – undang No. 28 Tahun 2014 Jo. Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2021 dan maqashid syariah mempunyai pandangan terhadap peran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum royalti hak cipta lagu dan/atau musik pada restoran di Kota Cirebon yang dilakukan oleh LMKN, untuk mengetahu peran LMKN dalam perlindungan royalti hak cipta lagu dan/atau musik di pada restoran di Kota Cirebon menurut UU No. 28 tahun 2014 Jo PP No. 56 tahun 2021, dan yang terakhir untuk mengetahui pandangan Maqashid Syariah terhadap peran LMKN dalam melakukan perlindungan royalti hak cipta lagu da/atau musik pada restoran di Kota Cirebon. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, ada beberapa langkah yang akan ditempuh untuk menjawab permasalahan yang ditetapkan sejak dari lokasi penelitian, pendekatan penelitian, jenis penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, uji validasi data, dan teknik analisis data. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, LMKN memiliki peran yang berupa pelisensian, pengolektifan, penghimpunan dan pendistribusian royalti. dalam pelaksaannya pada restoran di Kota Cirebon hanya 9 (Sembilan) restoran yang telah dilakukan pengolektifan royalti hak cipta lagu dan/atau musik karena kendala kurangnya sarana prasarana, SDM dan sistem informasi lagu dan Musik (SILM) yang masih belum diterapkan sebagaimana amanat dari UU nomor 28 tahun 2014, Adapun sistem yang digunakan saat ini adalah teknik sampling melalui data penggunaan lagu secara global. LMKN dapat diartikan melakukan bentuk pemeliharaan harta (Hifdz al-Maal) para pemegang hak cipta yang merupakan sebuah kekayaan intelektual bagi pencipta atau pemegang hak cipta melalui perlindungan hak cipta dengan dilakukannya pengolektifan royalti atas penggunaan lagu secara komersial pada Restoran di Kota Cirebon. Kata Kunci: Perlindungan, Royalti, Hak Cipta, dan Restoran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:51
Last Modified: 19 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12504

Actions (login required)

View Item View Item