PERAN HOME INDUSTRI PERAHU OTOK-OTOK RANGGA JAYA DI DESA JEMARAS KIDUL DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMBERIAN UPAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Disna Arya Savitri, D (2023) PERAN HOME INDUSTRI PERAHU OTOK-OTOK RANGGA JAYA DI DESA JEMARAS KIDUL DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMBERIAN UPAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202031_1_cover.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202031_2_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202031_6_bab5.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202031_7_dafpus.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Disna Arya Savitri, NIM: 1908202031, “PERAN HOME INDUSTRI PERAHU OTOK-OTOK RANGGA JAYA DI DESA JEMARAS KIDUL DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMBERIAN UPAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH”. 2023. Kerajinan perahu otok-otok merupakan salah satu jenis usaha kerajinan dari sekian banyak kerajinan di Desa Jemaras Kidul. Meski berasal dari home industri atau usaha rumahan, nyatanya kerajinan lokal dan kreatif ini mampu memdobrak pasar luar dengan keunikannya. Berkembangnya subsektor industri rumahan ini diharapkan mampu menggerakan pertumbuhan ekonomi yang tidak hanya dari segi penyediaan lapangan pekerjaan tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Oleh karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya penetapan upah yang adil bagi tenaga kerja sesuai sebagaimana syariat islam sehingga terciptanya kesejahteraan masyarakat utamanya tenaga kerja perahu otok-otok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyerapan masyarakat sekitar ke dalam home industri perahu otok-otok di Desa Jemaras Kidul apakah dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemberian upah. Kemudian, untuk mengetahui adanya kendala dan upaya apa yang dihadapi dalam pemberian upah. Serta pandangan hukum ekonomi syariah mengenai sistem pemberian upah pada home industri perahu otok-otok. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan kepustakaan yang kemudian dianalisis melalui metode deskriptif. Dimana dengan menguji kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa sistem pengupahan pada home industri perahu otok-otok Rangga Jaya menggunakan sistem borongan, dimana terdapat kendala yang dihadapi yaitu tidak ada rasa persatuan, setiap bidang produksi memiliki perbedaan pendapatan, dan jumlah permintaan barang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja. Meskipun demikian, sistem pengupahan borongan tersebut telah sesuai dengan ketentuan hukum ekonomi syariah termasuk prinsip-prinsip pengupahan. Kata Kunci: Borongan, Perahu Otok-otok, Home Industri, dan Hukum Ekonomi Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:15
Last Modified: 30 Jan 2024 03:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item