KEDUDUKAN USAHA DAN STATUS MEREK DAGANG 3SECOND DI 3SECOND FAMILY STORE CIREBON PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN GEOGRAFIS DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH

Leo Rama Sutanto, L (2023) KEDUDUKAN USAHA DAN STATUS MEREK DAGANG 3SECOND DI 3SECOND FAMILY STORE CIREBON PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN GEOGRAFIS DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202033_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202033_2_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202033_6_bab5.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202033_7_dafpus.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Leo Rama Sutanto, NIM: 1908202033 “KEDUDUKAN USAHA DAN STATUS MEREK DAGANG 3SECOND DI 3SECOND FAMILY STORE CIREBON PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN GEOGRAFIS DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH”. 2023. Hak atas merek merupakan salah satu hak kekayaan intelektual yang harus dilindungi oleh Negara. Karena merek mempunyai fungsi yaitu sebagai alat pembeda antara barang atau jasa yang satu dengan barang atau jasa yang lain, terutama barang atau jasa yang sejenis. Sehingga masyarakat dapat mengerti serta dapat membedakannya antara merek terkenal dan tidak terkenal. Adapun merek dagang ini sangat berperan penting terutama dalam menjaga suatu persaingan usaha yang sehat, karena dalam dunia usaha di industri fashion, Merek memiliki arti yang sangat penting dan sangat tak ternilai harganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan dan status merek dagang 3Second di 3Second Family Store Cirebon, kendala dan upaya dalam perlindungan hukum pada merek 3Second di 3Second Family Store Cirebon, serta kedudukan usaha dan status merek dagang 3Second di 3Second Family Store Cirebon menurut Undang-Undang No. 20 tahun 2016 dan Fatwa MUI No. 1 Tahun 2005. Penelitian menggunakan peneltian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode desktripftif analisis. Adapun hasil dari penelitian disajikan dengan metode deskriptif analisis: Pertama, merek 3Second ini berfokus pada perdagangan eceran untuk berbagai produk fashion dengan status merek telah terdaftar di direktorat jendral hak kekayaan intelektual. Kedua, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kendala dan upaya dalam melindungi produk 3Second ini dari produk tiruan. Ketiga, kedudukan dan status merek dagang 3Second di 3Second Family Store Cirebon ini sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2016 dan Fatwa MUI No. 1 Tahun 2005. Kata Kunci: Produk Tiruan, Merek dan 3Second

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:23
Last Modified: 30 Jan 2024 03:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item