Implementasi Ibadah Harta Melalui Infaq dan Shodaqoh pada program Pendidikan di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyyah Tuparev Kedawung Kabupaten Cirebon Persepektif Undang-undang Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat

Muhammad Farhan, M (2023) Implementasi Ibadah Harta Melalui Infaq dan Shodaqoh pada program Pendidikan di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyyah Tuparev Kedawung Kabupaten Cirebon Persepektif Undang-undang Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202054_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202054_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202054_6_bab5.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202054_7_dafpus.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Muhammad Farhan, NIM 1908202054. “Implementasi Ibadah Harta Melalui Infaq dan Shodaqoh pada program Pendidikan di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyyah Tuparev Kedawung Kabupaten Cirebon Persepektif Undang-undang Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat”, 2023. LAZISMU merupakan lembaga amil zakat dalam aktivitasnya memiliki konsentrasi bidang garap yaitu bidang sosial, dan pendidikan. Sedangkan penghimpunan dananya diperoleh dari zakat, infaq dan shodaqoh yang dialokasikan salah satunya pada program pembiayaan pendidikan. Sesuai misi Lazismu tuparev kedawung kab cirebon maka program pembiayaan pendidikan ini menjadi salah satu prioritas untuk menggurangi jumlah anak putus sekolah. Karena Pendidikan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah. “Bagaimana penyaluran infaq dan shodaqoh pada program pendidikan di lazismu kab cirebon perspektif undang-undang nomor 23 tahun 2011”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada LAZISMU Kabupaten Cirebon, penulis menyimpulkan bahwa Sosialisasi pengumpulan zakat infaq dan shodaqoh di Lazismu dengan cara ketika ada event pengajian majelis, dikumpulkan dengan dalam satu majelis edukasi tentang zakat infaq dan sedekah dana zakat tersebut disalurkan kepada khalayaknya, untuk warga dan jamaah sosialisasi tentang zakat infaq shodaqoh bahwa memang lazismu itu lembaga zakat yang menghimpun pendayagunaan dan menyalurkan dana infaq shodaqoh dan zakat. Strategi pengumpulan dana Zakat Infaq dan Shodaqohnya itu ada secara offline dan juga ada secara online, cara digital yaitu dengan media sosial dari Facebook Instagram maupun WhatsApp berupa membuat pamflet – pamflet, artikel, essay, yang berisi tentang mengajak pada masyarakat bagaimana penting nya berzakat itu. Sedangkan secara offline nya itu dengan cara ketika ada event pengajian majelis, dikumpulkan dengan dalam satu majelis edukasi tentang zakat infaq dan sedekah dana zakat tersebut disalurkan kepada khalayaknya untuk warga dan jamaah sosialisasi tentang zakat infaq shodaqoh bahwa memang lazismu itu lembaga zakat yang menghimpun pendayagunaan dan menyalurkan dana infaq shodaqoh dan zakat. penyaluran dana zakat infaq dan shodaqoh itu keenam program berpilar programnya, pilar ekonomi, pilar kesehatan, pilar sosial dan dakwah, pilar kemanusiaan, pilar lingkungan, dan pilar pendidikan. Kata kunci: Sosialisasi pengumpulan dana Zis, Strategi pengumpulan dana Zis, Penyaluran dana Zis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:31
Last Modified: 30 Jan 2024 06:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12586

Actions (login required)

View Item View Item