ANALISIS PENGELOLAAN ASURANSI KESEHATAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI'AH (STUDI KASUS PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN NASIONAL KESEHATAN CABANG KOTA CIREBON)

Yasmin Shafa, Y (2023) ANALISIS PENGELOLAAN ASURANSI KESEHATAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI'AH (STUDI KASUS PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN NASIONAL KESEHATAN CABANG KOTA CIREBON). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202064_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202064_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202064_6_bab5.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202064_7_dafpus.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Yasmin Shafa. NIM: 1908202064, “ANALISIS PENGELOLAAN ASURANSI KESEHATAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI'AH (STUDI KASUS PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN NASIONAL KESEHATAN CABANG KOTA CIREBON). 2023 BPJS Kesehatan merupakan badan hukum public yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan Kesehatan, pada konsep pengelolaan maupun prakteknya yang diterapkan BPJS Kesehatan merupakan asas gotong royong dan asuransi syari’ah atau takafful, dalam asuransi syari’ah BPJS menggunakan akad tabarru’ pada sistem pengelolaannya. Namun pada kenyataannya BPJS belum menjadikan syari’ah sebagai landasan dalam pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana analisis pengelolaan asuransi Kesehatan persepektif hukum ekonomi syari’ah”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Analisis Pengelolaan Asuransi Kesehatan Persepektif Hukum Ekonomi Syari’ah Pada BPJS Kesehatan Cabang Kota Cirebon adalah pada pengelolaannya telah sesuai sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011. Akad yang digunakan memiliki kesamaan dalam akad tabarru’. Namun dalam BPJS Kesehatan masih ada yang tidak berlandaskan syari’ah dalam pengelolaannya. Dalam hal tersebut menjadikan BPJS sebagai syubhat dalam hukum Islam. Akan tetapi bila ada kewajiban kepersetaan yang diwajibkan Negara kepada rakyatnya maka kesalahanya menjadi tanggungan yang mewajibkannya. Kata Kunci: Asuransi Syari’ah, Pengeloaan, BPJS Kesehatan, Hukum Ekonomi Syari’ah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:13
Last Modified: 30 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12591

Actions (login required)

View Item View Item