IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PADA USAHA RUMAH MAKAN DALAM SUDUT PANDANG HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Usaha Rumah Makan Kai Chen Cipay Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng Kabupaten Subang)

Lailaturohmah, L (2023) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PADA USAHA RUMAH MAKAN DALAM SUDUT PANDANG HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Usaha Rumah Makan Kai Chen Cipay Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng Kabupaten Subang). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202066_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202066_2_bab1.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202066_6_bab5.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202066_7_dafpus.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Lailaturohmah. NIM: 1908202066, “IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PADA USAHA RUMAH MAKAN DALAM SUDUT PANDANG HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Usaha Rumah Makan Kai Chen Cipay Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng Kabupaten Subang)”, 2022. Saat ini begitu maraknya perilaku-perilaku yang tidak etis terutama pada praktik bisnis usaha rumah makan, setiap pelaku bisnis haruslah menerapkan etika dalam semua aktivitas bisnis.Penerapan etika bisnis yang benar membuat aktivitas bisnis yang dijalankan akan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak akan menyimpang dari norma serta syariat. Sehingga tidak ada pihak manapun yang merasa dirugikan. Oleh karena itu, etika dalam bisnis merupakan hal yang sangat penting dan harus diterapkan setiap pelaku bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan yang menjadi rumusan masalah:“Bagaimana Implementasi Kegiatan Bisnis pada Usaha Rumah Makan Kai Chen Cipay Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng Kabupaten Subang dan Bagaimana Pandangan Hukum Ekonomi Syariah terkait Etika Bisnis Rumah Makan Kai Chen Cipay Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng Kabupaten Subang”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi, dan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa rumah makan kai chen cipay berusaha untuk mengikuti etika bisnis yang baik sesuai dengan syariat Islam seperti pelayanan yang baik demi kepuasan konsumen, kualitas produk yang berkualitas dan memberi manfaat, kepemimpinan yang baik dan mengayomi karyawan, serta mengikuti prinisp-prinsip etika bisnis dalam Islam diantaranya prinsip unity (tauhid) yaitu menunaikan zakat dan memperbolehkan karyawan untuk beribadah, prinsip equilibrium (keseimbangan) yaitu menyeimbangkan antara resiko dan keuntungan dengan selalu berfikir yang optimis serta tidak membeda-bedakan pelayanan terhadap pembeli yang datang, prinsip free will (kehendak bebas) yaitu berinovasi terhadap menu makanan dengan baik, prinsip responsibility (tanggung jawab) yaitu karyawan di rumah makan ini bertanggung jawab dengan baik sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan masing-masing serta bertanggung jawab pula terhadap produk makanan apabila mengalami kecacatan. Dan prinsip benevolence (ihsan) yaitu tidak hanya menjual produk akan tetapi memberi manfaat untuk konsumen. Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap usaha rumah makan kai chen cipay yang menjual makanan khas Taiwan tidak bertentangan dengan syariat Islam, baik dari segi produksi maupun dari segi pelayanan, bahkan usaha ini telah sejalan dengan prinsip ekonomi Islam. Kata Kunci: Etika Bisnis, Usaha Rumah Makan, Hukum Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:17
Last Modified: 30 Jan 2024 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12592

Actions (login required)

View Item View Item