ULAMA PEREMPUAN CIREBON DI PANGGUNG PENDIDIKAN (Kiprah Nyai Hj. Masriyah Amva di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy)

Atiq Nur Dianti, (2019) ULAMA PEREMPUAN CIREBON DI PANGGUNG PENDIDIKAN (Kiprah Nyai Hj. Masriyah Amva di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Dalam sejarah Islam, kemunculan ulama banyak didominasi oleh kaum laki-laki, bahkan istilah ulama perempuan belum memasyarakat dan masih tabu untuk digunakan. Padahal eksistensi ulama perempuan sudah ada semenjak zaman Rasulullah. Salah satu sosok ulama perempuan di Cirebon adalah Nyai Hj. Masriyah Amva. Beliau adalah sosok ulama perempuan yang berbeda dengan lainnya, Nyai Hj. Masriyah Amva adalah pengasuh Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy di Desa Babakan, Ciwaringin Cirebon, beliau menjadi pemimpin lebih dari 1.000 santri laki-laki dan perempuan, bahkan banyak penghargaan yang telah diraihnya serta Nyai Hj. Masriyah Amva termasuk ulama perempuan yang teguh memperjuangkan pesantren perempuannya dengan selalu bersandar kepada Sang Maha Pencipta. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kehidupan Nyai Hj. Masriyah Amva, menganalisis pemikiran Nyai Hj. Masriyah Amva tentang pendidikan untuk perempuan dan kiprahnya di panggung pendidikan serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pendidikan untuk perempuan. Metode yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode biografi dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara secara mendalam, serta analisis data dilakukan dengan cara deskriptif-analistis. Hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa pendidikan untuk perempuan menurut Nyai Hj. Masriyah Amva yaitu usaha untuk menciptakan sosok perempuan yang beriman dan hanya bersandar kepada Allah SWT, mampu berelasi dengan baik dan mampu berkarya dalam kehidupan. Sehingga perempuan dan laki-laki mampu melaksanakan tugasnya bersama-sama menjadi hamba Allah SWT sebagai Khālifah fi al-Arḍ. Nyai Hj. Masriyah Amva mampu berkiprah dalam panggung pendidikan dengan mampu tampil menjadi sosok ulama perempuan yang hebat, tangguh dan mandiri. Nyai Hj. Masriyah Amva mampu memimpin, mengelola, mendirikan, membangun pesantren tradisionalnya dengan selalu berserah diri kepadaNya. Faktor pendukung pendidikan untuk perempuan menurut Nyai Hj. Masriyah Amva adalah perempuan dan semua yang pro dengan perempuan sedangkan faktor penghambat pendidikan untuk perempuan menurut Nyai Hj. Masriyah Amva adalah perempuan dan semua yang kontra dengan perempuan. Kata Kunci: Pendidikan, Perempuan, Nyai Hj. Masriyah Amva

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:39
Last Modified: 05 Feb 2024 07:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item View Item