Islamisasi Mata Pelajaran di MTs Negeri 12 Indramayu” Pengaruh Profesionalitas Guru Rumpun PAI Terhadap

Saprudin, (2019) Islamisasi Mata Pelajaran di MTs Negeri 12 Indramayu” Pengaruh Profesionalitas Guru Rumpun PAI Terhadap. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional guru adalah kemampuan seorang guru dalam penguasaan terhadap landasan kependidikan, menguasai bahan pengajaran, kemampuan menyusun program pengajaran (mengembangkan bahan pelajaran dan mengembangkan strategi pembelajaran), kemampuan menyusun perangkat penilaian hasil belajar dan proses pembelajaran. Guru yang mempunyai kompetensi profesional tidak hanya dituntut untuk menguasai bidang ilmu, bahan ajar, metode pembelajaran, memotivasi peserta didik, memiliki keterampilan yang tinggi dan wawasan yang luas. Kebutuhan akan guru yang profesional merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhi dalam rangka meningkatkan kualitas proses pendidikan di sekolah. Ini artinya guru mempunyai peranan penting manakala berkaitan dengan pendidikan sebagai tempat mengembangkan profesinya. Oleh karena itu, guru mempunyai tanggung jawab yang sangat tinggi dalam meningkatkan kualitas perkembangan siswa. Masalah penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru rumpun PAI di MTs Negeri 12 Indramayu? Apa saja usaha peningkatan kompetensi professional guru rumpun PAI di di MTs Negeri 12 Indramayu? Bagaimana pengaruh profesionalitas guru rumpun PAI terhadap Islamisasi mata pelajaran di MTs Negeri 12 Indramayu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru rumpun PAI di MTs Negeri 12 Indramayu, untuk mengetahui usaha peningkatan kompetensi professional guru rumpun PAI di di MTs Negeri 12 Indramayu, dan untuk mengetahui pengaruh profesionalitas guru rumpun PAI terhadap Islamisasi mata pelajaran di MTs Negeri 12 Indramayu. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, mengadakan perhitungan dalam melaksanakan analisa, peneliti bergerak di antara tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa Usaha untuk peningkatan kompetensi professional guru adalah belajar menjadi profesi otomatis belajar sepaya semakin memahami, mendalami materi sehingga dalam menyampaikan materi di depan kelas bisa percaya diri dan tidak canggung. Mengikuti kegiatan atau program pendidikan profesi berupa kelompok guru unutuk mengikuti kegiatan pendidikan profesi, berupa seminar dan kursus yang membahas tentang peningkatan penguasaan materi pendukung kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Penguasaan Teknologi komunikasi dan informasi mengambil titik berat tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknogi Guru dapat menguasai ICT dan juga ada kemajuan dalam teknologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:52
Last Modified: 05 Feb 2024 07:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12608

Actions (login required)

View Item View Item