PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG HAID DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP BINAUL UMMAH KUNINGAN

Ipih Hidawati, (2019) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG HAID DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP BINAUL UMMAH KUNINGAN. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya materi haid pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Binaul Ummah yang berakibat pada kesalahpahaman siswa terutama siswi dalam menjalani proses haid dan bersuci dari haid. Guru Pendidikan Agama Islam yang menyadari pentingnya haid bagi remaja putri berupaya menerapkan pembelajaran kontektual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan berkoordinasi dengan wali asrama dalam pembimbingan siswi di asrama dan lingkungan pesantren agar siswi memahami praktik haid sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari di Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldresearch = empirik). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Agar kebenaran hasil penelitian ini dianggap valid maka beberapa cara yang dilakukan peneliti adalah 1) pengamatan secara terus-menerus, 2) triangulasi data, 3) membicarakan dengan orang lain (peer debriefing), 4) menyediakan referensi yang cukup, dan 5) mengadakan pengecekan anggota (member check). Langkah-langkah dalam membangun analisis data pada penelitian ini adalah 1) membangun sajian, 2) memasukkan data, 3) menganalisis data, dan 4) menginterpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi pembelajaran kontekstual Pendidikan Agama Islam tentang haid menghilangkan kesenjangan antara pemahaman dan praktik haid. Dalam implementasi ini penulis menemukan pembahasan tentang perbandingan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran pesantren yang menjelaskan bahwa mata pelajaran Fiqih (syar’i) sebagai mata pelajaran tambahan dari pesantren yang dilaksanakan di kelas. Selanjutnya penulis mebahas pembelajaran haid dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan langakahlangkah memperluas penjelasan, memperbanyak praktik di kelas dan penugasan di asrama; 2) para siswa berupaya memahami materi Pendidikan Agama Islam tentang haid melalui upaya menyimak pelajaran tentang haid di kelas, berdiskusi dengan ibu, saudara dan teman searama, dan membaca referesnsi keislaman sebagai penunjang; dan 3) pemahaman materi Pendidikan Agama Islam tentang haid berdampak positif terhadap perilaku keagamaan siswa. Adapun dampak negatif hanya berhubungan dengan sikap dan disiplin yang tidak bersumber dari pemahaman tentang haid seperti rasa malas beribadah ataupun enggan bergaul dengan teman dan berinterakai dengan guru, wali asram, kakak kelas bahkan keluarga pada masa haid. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Agama Islam, Praktik Ha

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:13
Last Modified: 06 Feb 2024 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12612

Actions (login required)

View Item View Item