Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah As-Sunnah (Telaah Komparatif Sistem Pembelajaran Full Day dan Boarding Schools)”

Eva Nahiyatul Faniah, (2019) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah As-Sunnah (Telaah Komparatif Sistem Pembelajaran Full Day dan Boarding Schools)”. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BABV.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui sistem full day school yang dapat mengembangkan dan meningkatkan ketiga kecerdasan tersebut yakni dengan melakukan strategi belajar mengajar yang efektif dalam proses pembelajaran dengan membuat perencanaan secara matang, pelaksanaan secara terprogram dan penilaian secara seksama, sehingga proses pembelajaraannya akan berkualitas yang dapat menghasilkan out put yang berkualitas. MTs Boarding School Yayasan Assunnah Cirebon adalah satu dari sekian Boarding School yang telah mendidik siswa-siswanya pada jenjang pendidikan MTs dengan 4 rombongan belajar belajar tiap tahun penerimaan siswa. Pendidikan yang utama adalah mendidik siswa-siswi mengikuti ajaran Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari dengan implementasi sains dan teknologi, sehingga memadukan IMTAK dan IPTEK yang menjadikan siswa-siswi bersaing dalam kehidupan global dengan berakhlakul karimah. Masalah penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran PAI di Fullday school dan Boardung School di MTs As-Sunnah Kota Cirebon? Bagaimana prestasi belajar di Full day School dan Boarding School di MTs As-Sunnah Kota Cirebon? Bagaiman hambatan dan solusi pembelajaran PAI dengan sistem Full day School dan Boarding School di MTs As-Sunnah Kota Cirebon? Tujuan penelitian ini adalah untuk pembelajaran PAI di Full day school dan Boardung School di MTs As-Sunnah Kota Cirebon, untuk mengetahui prestasi belajar di Full day School dan Boarding School di MTs As-Sunnah Kota Cirebon, untuk mengetahui hambatan dan solusi pembelajaran PAI dengan sistem Full day School dan Boarding School di MTs As-Sunnah Kota Cirebon. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yang tidak mengadakan perhitungan dalam melaksanakan analisa, peneliti bergerak di antara tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa pembelajaran yang digunakan oleh full day school dan boarding school menggunakan kurikulum berdasarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta prestasi belajar PAI siswa MTs Assunnah Kot Cirebon dapat dikatakan sangat baik karena secara keseluruhan prestasi yang diperoleh peserta didik telah melebihi KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yakni 87 perolehan nilai terendah serta 98 perolehan nilai maksimal dan dari grafik perolehan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap semester. vi ABSTRACT EVA NAHIYATUL FANIAH: "Learning of Islamic Education in Madrasah Tsanawiyah As-Sunnah (Comparative S

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:30
Last Modified: 06 Feb 2024 03:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12614

Actions (login required)

View Item View Item