Konsep Pendidikan Islam Perspektif KH. Abdul Syakur Yasin. MA

Ahmad Mastun Prayogo, (2019) Konsep Pendidikan Islam Perspektif KH. Abdul Syakur Yasin. MA. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAPUS.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Dalam tesis ini bertujuan menjelaskan pemikiran konsep pendidikan Islam KH. Abdul Syakur Yasin. MA Pendidikan dianggap telah mengalami guncangan akibat terus berkembangnya ilmu pengetahuan bernilai moral yang bermasyarakat, seperti, terjadinya kelemahan moral yang berlandaskan implementasi keagamaan mengkroscek problem tersebut perlu untuk diteliti kembali peletakan konsep pendidikan dari para tokoh ulama disalah satunya yang mengembangkan dakwah yang bisa disebut juga pewaris para nabi yakni memperluas dan merubah pendidikan dari semua sudut intelektual pendidikan islam yakni peran KH. Abdul Syakur Yasin MA. Penelitian ini menggunakan methode penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber data buku buku puisi yang bernuansa intelektual islam, ceramah-ceramahnya yang di unggah diyoutube akun KH Buya Syakur Yasin MA. dan ceramah live streaming dalam kajian rutin kitab . Penelitian ini memberikan gambaran bahwa pendidikan adalah sebuah pewarisan nilai-nilai dari generasi ke generasi dalam peran seorang kiyai yang menaungu dan figur seorang Kiyai yang sebagai salah satu pewaris para nabi, yang bertujuan untuk membentuk manusia seutuhnya dan yang berperan di dalamnya adalah peserta didik dan pendidik. Pendidikan dalam pandangan Buya Syakur tokoh berlatar belakang pesantren dan pengasuh Pondok Pesantren Cadangpinggan, dengan pemikiran bercorak tradisional, tasawuf, pluralisme dan bernuansa filsafat keilmuan adalah sebuah maha guru, tergambar dalam ceramah-ceramah di youtube dan buku buku puisi yang bernuansa intelektual islam dan karangan beliau pemikirannya bercorak pembaharuan memandang pendidikan adalah penghormatan setinggi-tingginya terhadap akal dan semua metode epmikiran yang ada karena semua pemikiran beliau tidak selalu terfokus ke satu konsep metode keilmuian. Dan pemikiran Buya Syakur ini antara lain dalam tujuan pendidikan yaitu derajat manusia yang sempuna, seorang pendidik harus menjadi uswatun hasanah dan terciptanya intelektual muslim . dan cenderung materi keagamaan, pendidik bersifat pemaknaan dari semua psikologi keilmuan islamnya,dan kroscek secara tujuan dunia maupun akhirat pada era zaman sekarang konsep pendidikan Islam menurut Buya Syakur pada dasarnya Buya Syakur dengan sikapnya yang terbuka dan toleran telah memberi contoh bagaimana hidup di tengah masyarakat yang beragam. Sebagai seorang pembaru, ia mau berdialog dengan pihak-pihak yang memiliki pandangan berseberangan dengannya. Sedangkan sebagai pendidik, ia berusaha untuk memahami dan memenuhi kebutuhan peserta didiknya atau jamaah dan santrinya yang beragam seperti tercermin dalam usulan perbaikan program pendidikan yang ia kemukakan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:55
Last Modified: 01 Mar 2024 07:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item View Item