Adhitya Putra, (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inovasi Produk Baru Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT di Wilayah III Cirebon. Masters thesis, S-2 Ekonomi Syariah.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAPUS.pdf Download (425kB) | Preview |
Abstract
Bisnis lembaga keuangan tumbuh menjadi semakin beraneka ragam jenisnya dan jasa-jasa serta fasilitas yang diberikan. Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Tamwil merupakan sebuah lembaga perekonomian mikro syari‟ah berbadan hukum koperasi yang bergerak menghimpun dan menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat. Pengembangan produk sebagai upaya untuk menghasilkan inovasi-inovasi produk baru yang mampu memberikan keunggulan dalam produk-produknya agar diminati oleh pasar sebagai kecepatan dalam merespon perubahan keinginan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi inovasi produk baru Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Tamwil di Wilayah III Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar pada 44 responden yang berada di wilayah III Cirebon. Pengukuran data menggunakan skala likert dan teknik pengolahan data dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji T dan uji F digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk baru tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sumber daya manusia secara parsial memiliki pengaruh terhadap inovasi produk baru, (2) budaya perusahaan secara parsial memiliki pengaruh terhadap inovasi produk baru, (3) strategi perusahaan secara parsial memiliki pengaruh terhadap inovasi produk baru, (4) struktur perusahaan secara parsial memiliki pengaruh terhadap inovasi produk baru, (5) faktor eksternal secara parsial memiliki pengaruh terhadap inovasi produk baru. Hasil penelitian keseluruhan variabel secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap inovasi produk baru. Kata kunci: BMT, Inovasi Produk, Sumber Daya Manusia, Budaya Perusahaan, Strategi Perusahaan, Struktur Perusahaan dan Faktor Eksternal
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:21 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12618 |
Actions (login required)
View Item |