PERLINDUNGAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN TENAGA KERJA PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI PT. HI-LEX CIREBON PERSPEKTIF TEORI MAṢLAḤAH

Kifayatul A’in, K (2023) PERLINDUNGAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN TENAGA KERJA PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI PT. HI-LEX CIREBON PERSPEKTIF TEORI MAṢLAḤAH. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202104_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202104_2_bab1.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202104_6_bab5.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202104_7_dafpus.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Kifayatul A’in. NIM: 1908202104, “PERLINDUNGAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN TENAGA KERJA PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI PT. HI-LEX CIREBON PERSPEKTIF TEORI MAṢLAḤAH”, 2023. PT. Hi-Lex Cirebon merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi sparepart otomotif khususnya untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Setiap aktivitas kerja yang dilakukan dalam PT. Hi-Lex Cirebon memiliki potensi bahaya kecelakaan kerja yang dapat terjadi kapan saja. Tingkat kecelakaan kerja di Indonesia sendiri masih sangat tinggi, meskipun sudah banyak perusahaan yang menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Terlebih lagi pada saat dunia kerja dihadapkan dengan tantangan baru untuk menghadapi pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Hi-Lex Cirebon pada masa pandemi covid-19, untuk mengetahui perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja dalam perspektif teori maṣlaḥah, dan mengetahui dampaknya dalam penerapan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Hi-Lex Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi yang kemudian dianalisis dengan metode reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PT. Hi-Lex Cirebon dalam melaksanakan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja belum maksimal tetapi sudah diusahakan sebaik mungkin. Karena meskipun sudah melakukan berbagai macam upaya perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menyediakan APD, melakukan patrol setiap minggu dan memberikan pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja secara konsisten serta menerapkan protokol kesehatan, tetapi pada realitanya masih terdapat pekerja yang enggan untuk memakai APD dan masih terdapat kecelakaan kerja. Begitupun dalam teori maṣlaḥah, perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja termasuk kedalam tingkatan maṣlaḥah ḍarūriyāt yang keberadaannya sangat dibutuhkan dan merupakan kebutuhan pokok pekerja, karena berkaitan dengan penjagaan jiwa dari kerusakan (kecelakaan kerja). Dampak pelaksanaan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja diantaranya meningkatkan produktivitas kerja, menjaga image perusahaan, mengurangi angka kerugian akibat kecelakaan kerja, meningkatkan kesadaran diri pekerja, dan sebagian pekerja menganggap fasilitas perlindungan diri menyusahkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:34
Last Modified: 07 Feb 2024 03:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item View Item