JAMINAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA HOME INDUSTRY TEMPE DI SUMBER KABUPATEN CIREBON DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA

ADE FITRI MAULINA, A (2023) JAMINAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA HOME INDUSTRY TEMPE DI SUMBER KABUPATEN CIREBON DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202118_1_cover.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202118_2_bab1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202118_6_bab5.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202118_7_dafpus.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

ADE FITRI MAULINA. NIM: 1908202118. “JAMINAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA HOME INDUSTRY TEMPE DI SUMBER KABUPATEN CIREBON DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA”, 2022. Home industry di Indonesia bergerak di berbagai sektor usaha, namun usaha industri kecil dan menengah yang prospektif dan lebih menjanjikan adalah sektor yang bergerak di bidang busana dan sandang serta sektor usaha yang bergerak di bidang usaha kuliner atau makanan. Terkait pelaksanaan home industry dalam melakukan aktivitasnya sangat dibutuhkan kerjasama pengusaha dan tenaga kerja yang mana kerjasama ini akan menciptakan perusahaan yang terstruktur dengan baik. Adapun jaminan yang diberikan kepada tenaga kerja oleh pengusaha haruslah diperhatikan agar dapat menciptakan kesejahteraan dalam kelangsungan hidup pekerja dan pengusaha. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: Pertama, bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap hak tenaga kerja home industry di Indonesia? Kedua, bagaimana home industry tempe di Sumber Kabupaten Cirebon memenuhi hak-hak tenaga kerjanya? Ketiga, bagaimana perlindungan tenaga kerja home industry tempe di Sumber Kabupaten Cirebon ditinjau dengan Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif evaluatif, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi kemudian dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Para pekerja home industry sendiri terkadang tidak mengetahui atas hak mereka sebagai pekerja. Pada dasarnya setiap pekerja yang terdapat dalam home industry merupakan sama seperti pekerja atau buruh dalam pabrik ataupun pekerja lainnya, di mana memiliki hak sebagai pekerja sama tidak ada perbedaan atas hak yang diberikan oleh UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020. Para pekerja home industry rentan mendapatkan pelanggaran hak mereka sebagai pekerja yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha. Pelanggaran yang dibahas adalah pelanggaran hak upah, hak waktu kerja, hak keselamatan dan kesehatan kerja di mana para pekerja seringkali dilanggar atas haknya yang seharusnya dipenuhi oleh pelaku usaha akan tetapi dilanggar. Pekerja harus sadar akan haknya sebagai pekerja yang layak sesuai tenaga yang dikeluarkan. Perlindungan yang didapat oleh pekerja sudah diatur dalam hak-hak yang tercantum dalam UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang berlaku. Maka dari itu perlindungan terhadap pekerja di home industry harus dipenuhi. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Tenaga Kerja, dan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:46
Last Modified: 07 Feb 2024 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item