PENGELOLAAN ZAKAT PROFESI DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DAN MASLAHAH MURSALAH (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Indramayu)

Siti Fatmah Amaliyah, S (2023) PENGELOLAAN ZAKAT PROFESI DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DAN MASLAHAH MURSALAH (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Indramayu). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202120_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202120_2_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202120_6_bab5.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202120_7_dafpus.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Siti Fatmah Amaliyah. NIM: 1908202120, “PENGELOLAAN ZAKAT PROFESI DALAM TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DAN MASLAHAH MURSALAH (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Indramayu)”, 2023. Pengelolaan zakat merupakan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengumpulan dan pendistribusian serta pendayagunaan zakat. Di BAZNAS Kabupaten Indramayu presentasi minat pegawai dalam menunaikan zakat profesi masih kurang, serta belum adanya aturan mengikat bagi para pegawai selain PNS, ASN dan Militer. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana pengelolaan zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Indramayu, bagaimana pengelolaan zakat profesi ditinjau dari Undang-Undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Indramayu, bagaimana perspektif maslahah mursalah tentang zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Indramayu”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: pengelolaan zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Indramayu terkait dengan perencanaan, dan pendistribusian dilakukan setiap tahunnya dengan membahas pendistribusian pada program�program yang ada di BAZNAS Kabupaten Indramayu. Perencanaan dituangkan dalam dokumen perencanaan pendistribusian zakat pada Pengelola Zakat. Pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat. dalam pelaksaannya zakat dikumpulkan lalu didistribusikan kepada mustahik sesuai dengan syariat islam. pendistribusian zakat, dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewajiban. Pengawasan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat. Di BAZNAS Kabupaten Indramayu dilakukan sejak perencanaan sampai dengan pelaksanaan pendistribusian zakat. pengawasan dapat dilakukan dalam bentuk monitoring dan evaluasi, monitoring dan evaluasi dapat dilakukan secara periodik atau sesuai dengan kebutuhan. BAZNAS Kabupaten Indramayu dalam pelaksanaan pendistribusian dan pendayagunaan zakat wajib dilaporkan oleh pengelola zakat secara berjenjang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang�undangan, laporan disampaikan secara periodik paling sedikit satu kali dalam enam bulan atau dua kali dalam setahun. implementasinya diatur berdasarkan Undang-Undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, perspektif maslahah mursalah tentang zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Indramayu itu sangat penting, dikarenkan dengan adanya program-program yang ada di BAZNAS Kabupaten Indramayu, banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya untuk meningkatkan kesejahteran hidupnya meskipun belum pada tahap maksimal. Kata Kunci: Pengelolaan Zakat, Zakat Profesi, Undang-Undang, Maslahah Mursalah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:53
Last Modified: 07 Feb 2024 03:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item View Item