ANALISIS PERLINDUNGAN HAK-HAK TENAGA KERJA PEREMPUAN PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI CV. YAMINA INDAH LESTARI)

Iyat Hidayah, I (2023) ANALISIS PERLINDUNGAN HAK-HAK TENAGA KERJA PEREMPUAN PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI CV. YAMINA INDAH LESTARI). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202124_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202124_2_bab1.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202124_6_bab5.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202124_7_dafpus.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Iyat Hidayah, NIM: 1908202124, “ANALISIS PERLINDUNGAN HAK-HAK TENAGA KERJA PEREMPUAN PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI CV. YAMINA INDAH LESTARI)”, 2023. Secara kodrati perempuan memiliki perbedaan biologis dengan laki-laki yang dampaknya berpengaruh terhadap kemampuan fisik. Dari segi biologis perempuan mengalami masa-masa reproduksi seperti haid, hamil, melahirkan, gugur kandungan, ataupun menyusui. Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap hak-hak tenaga kerja perempuan menyebabkan hak-hak yang seharusnya didapatkan malah terabaikan dan tidak terpenuhi. Salah satu perusahaan yang lebih banyak mempekerjakan tenaga kerja perempuan dibandingkan dengan tenaga kerja laki-laki berdasarkan hasil pengamatan penulis adalah CV. Yamina Indah Lestari. CV. Yamina Indah Lestari adalah perusahaan yang bergerak dalam industri boneka. Dari data hasil pra observasi yang penulis lakukan bahwasanya ada hak-hak tenaga kerja perempuan yang masih belum terpenuhi sebagaimana mestinya. Perlunya perlindungan terhadap tenaga kerja perempuan dimaksudkan untuk menjamin hak-hak dasar pekerja dan menjamin kesamaan serta perlakuan tanpa adanya diskriminasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hak�hak tenaga kerja perempuan di CV. Yamina Indah Lestari dalam perspektif hukum positif menurut Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 dan hukum Islam.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini pertama, perlindungan hak-hak tenaga kerja perempuan di CV. Yamina Indah Lestari masih terdapat hak tenaga kerja yang belum terpenuhi secara maksimal sehingga dalam hal ini belum sesuai dengan Undang-Undang No. 11 Tahun 2020. Hak-hak yang belum terpenuhi adalah hak cuti haid dan kesempatan menyusui atau fasilitas menyusui. Dan kedua, perlindungan hak-hak tenaga kerja perempuan di CV. Yamina Indah Lestari berdasarkan tinjauan hukum Islam telah terpenuhi semua dan telah berjalan dengan baik, penulis tidak menemukan hak-hak tenaga kerja perempuan diabaikan dan dilanggar oleh perusahaan. Kata Kunci: Tenaga Kerja Perempuan, Hak-Hak Tenaga Kerja Perempuan, Hukum Positif, dan Hukum Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:13
Last Modified: 07 Feb 2024 04:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12651

Actions (login required)

View Item View Item