CAWIN, (2020) INTEGRASI PROGRAM REGULER SEKOLAH DAN PROGRAM NON REGULER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR KOTA CIREBON. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
|
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (630kB) | Preview |
Abstract
Dalam pendidikan program reguler sekolah dan Non program Non Reguler, ada dua model yang berbeda. Muhaimin menyebut model Integrasi pendidikan ini sebagai pendidikan terpadu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana integrasi program reguler sekolah dan program non reguler pada mata pelajaran PAI di tingkat Sekolah Dasar di kota Cirebon? (2) Bagaimana Efektifitas integrasi program reguler sekolah dan program non reguler terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di tingkat Sekolah Dasar Kota Cirebon (3) Bagaimana hambatan-hambatan dalam menyelenggarakan integrasi program reguler sekolah dan program non reguler pada mata pelajaran pai di tingkat Sekolah Dasar di Kota Cirebon? (4) Bagaimana Solusi dalam menghadapi hambatan-hambatan integrasi program reguler sekolah dan program non reguler pada mata pelajaran pai dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan hafalan al-qur’an di tingkat Sekolah Dasar di Kota Cirebon? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk Mengetahui integrasi program reguler sekolah dan program non reguler pada mata pelajaran PAI di tingkat Sekolah Dasar di kota Cirebon. (2) Untuk Mengetahui Efektifitas integrasi program reguler sekolah dan program non reguler terhadap kemampuan membaca, menulis dan Hafalan Al�Qur’an di tingkat Sekolah Dasar Kota Cirebon (3) Untuk Mengetahui dan Menganalisis hambatan-hambatan dalam menyelenggarakan integrasi program reguler sekolah dan program Non reguler di tingkat Sekolah Dasar di Kota Cirebon (4) Untuk Mengetahui Solusi dalam menghadapi hambatan-hambatan integrasi program reguler sekolah dan program non reguler dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan hafalan al-qur’an di tingkat Sekolah Dasara di Kota Cirebon Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti : integrsi Kurikulum Program regular dan Program Non Reguler, tindakan, dan lainnya, secara holistik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi,dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Integrasi Program regular sekolah dan Non Reguler di SD Negri Kota Cirebon : (1) SD Negri Agung melalui program regular, Program pembiasaan diri, program pengembangan diri. (2) SD Negri Pangrango : SD Negri Pangrango dalam menentukan struktur kurikulum integrasi berdasarkan kebutuhan siswa yang membutuhkan waktu dalam jangka panjang dan Acuan pengelompokan ini sebagai penyeimbang kebutuhan pendidikan sesuai karakter sekolah ini yaitu mampu menguasai ilmu pengetahuan secara luas tanpa meninggalkan agama sebagai tuntunan. (3) SD Negri Panjunan : Pola pembelajaran dilakukan secara kelompok dengan konsentrasi pada materi Fiqih. Adapun sistem pembelajaran SD Negri Panujunan dilakukan melalui pola pembelajaran secara klasikal dan berjenjang. Kata Kunci: Integrasi, Program Reguler, dan program Non Reguler
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:49 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12685 |
Actions (login required)
View Item |