Etika Guru Dalam Pemikiran KH.Hasyim Asy'ari

Uswatun Hasana, (2020) Etika Guru Dalam Pemikiran KH.Hasyim Asy'ari. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Etika guru merupakan bagian penting dalam membantu meningkatkan pendidika bermutu di Indonesia. Dengan guru yang menerapkan etika profesi dalam kegiatan belajar mengajar harus menjadi tempat yang nyaman bagi peserta didik dalam menimba ilmu, di dalamnya bukan hanya mentrasfer ilmu yang dimiliki guru pada peserta didik, melainkan membimbing dan menjadi teladan bagi peserta didik dalam menjadi pribadi yang memiliki karakter yang baik. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Interpretasi dan content Analysis. Penerapan metode Interpretasi yaitu menganalisis kitab Ādāb al-`Ālim wa al-Muta’allim untuk mengungkapkan makna yang terkandug. Kemudian metode content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran KH. H asyim Asy’ari. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir KH. Hsyim Asy’ari yang tertuang pada Ādāb al-`Ālim wa al-Muta’allim tentang etika guru. Kemudian data yang dianalisis diuji keabsahan datanya dari buku-buku KH. Hasyim Asy’ari dan buu-buku yang menunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, konsep etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari meliputi tiga hal, yakni etika guru terhadap diri sendiri, etika guru terhadap anak didik,dan etika guru dalam pembelajaran. Dari uraian-uraian yang terdapat dalam kitab Ādāb al-`Ālim wa al-Muta’allim nampaknya apa yang menjadi karakteristik pemikiran pendidikan KH. Hasyim Asy’ari dapat dikategorikan dalam corak pemikiran yang mengarah pada tataran ranah praktis yang juga tetap berpegang teguh pada sandaran dalil Al-Qur’an dan Hadist. Kecenderungan lain yang dapat dipahami dari pemikiran beliau adalah mengetengahkan nilai-nilai etika yang bernafaskan sufistik. Kecenderungan pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dapat terbaca melalui gagasan-gagasannya, misalnya keutmaan menuntut ilmu dan tentang keutamaan ilmu. Tujuan pendidikan bermutu sekarang ini adalah membentuk pribadi murid menjadi manusia yang beribadah kepada Allah SWT. Dengan sungguh-sungguh beribadah yang dibekali dengan keimanan, ketaqwaan, ilmu pengetahuan, kemauan yang tinggi dan berakhlakul karimah, dengan melalui proses pembelajaran. Proses pengamalan atau pelaksanaan etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari ini, penting adanya karena ditengah-tengah sistem pendidikan yang material oriented sehingga berdampak pada kurang berakhlaknya ilmu. Seorang guru juga harus menjadi model atau uswatun hasanah bagi muridnya serta harus menciptakan atmosfir pembelajaran yang senantiasa menegakkan dan mengedepankan aspek etika religius dan ta’zim. Kata Kunci : Etika Guru, Ādāb al-`Ālim wa al-Muta’allim

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:02
Last Modified: 01 Mar 2024 07:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12686

Actions (login required)

View Item View Item